Apa Yang Dimaksud Dengan Uang Beredar Dan Komponennya

Uang Beredar

Apa Itu Uang Beredar?

Mungkin kita kerap mendengar atau melihat istilah Uang Beredar ketika bertemu dengan bahasan ekonomi keuangan, tapi apakah kita sudah mengetahui artinya? Dari laman sosial media Bank Indonesia khususnya di akun resmi Facebook Bank Indonesia dijelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan uang beredar tersebut.

Read More

Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali pemerintahan di Indonesia ini. Karena suatu negara akan maju jika sektor perekonomiannya stabil dengan sistem keuangan yang jauh dari krisis.

Bank Indonesia selaku badan pelaksana dan badan pemerintah dalam hal keuangan tentu sangat mengedepankan persoalan ini. Berbagai langkah telah diambil demi menjaga kestabilan sistem keuangan negara.

Read More

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Pemberdayaan UMKM

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke zaman, memang hal ini terus dikembangkan guna pencapaian kesejahteraan masyarakat yang merata. Hal ini bisa berjalan dengan maksimal jika masing-masing sektor atau bagian yang memiliki fungsi berbeda dapat bergabung dan secara berkesinambungan mendukung satu sama lain.

Read More

Ajakan Pakai NonTunai Untuk Cintai Rupiah

GNNT

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin yang bertajuk “Cinta Nontunai, Cinta Rupiah” dan bertempat di FX Sudirman-Jakarta. Bank Indonesia bermaksud untuk mengenalkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai pentingnya mencintai rupiah dengan melakukan transaksi melalui nontunai. Kegiatan ini juga melibatkan perbankan, kegiatan penukaran valuta asing dan perusahaan pengembangan inovasi jasa sistem pembayaran.

Read More

Gebyar Akhir Tahun Seru dari Minuman Teh yang Hacep Banget!

tphb

Bicara soal minuman kesukaan, pasti tiap orang beda-beda ya favoritnya, ada yang suka jenis minuman teh, kopi, soda ataupun jus. Tapi diantara semua jenis minuman yang paling booming tuh ya minuman yang bahannya dari kopi dan teh, hampir semua kalangan masyarakat suka 2 jenis minuman ini.

Read More

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Sistem Pembayaran

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal tersebut bisa terjadi karena adanya pembaruan teknologi dan perlindungan untuk para nasabah. Ada 3 wujud yang diperbarui oleh BI pada sistemnya, yaitu :

Read More

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Rupiah Menguat

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya sederhana, nilai tukar sebuah mata uang sebenarnya mencerminkan harga mata uang tersebut.

Pada dasarnya nilai tukar rupiah ditentukan oleh kebutuha...

Read More

Potensi Pondok Pesantren Dalam Perkembangan Perekonomian

Pondok Pesantren

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan tempat pendidikan religius dan agama. Tapi ternyata, pondok pesantren diam-diam menyimpan potensi yang sangat besar untuk perkembangan ekonomi di Indonesia! Sehubungan dengan peranannya sebagai agen perubahan, pondok pesantren merupakan titik masuk yang untuk bagi perluasan peningkatan pengelolaan keuangan sekaligus meningkatkan less cash society dan mengarah ke ekonomi berbasis teknologi/digital. Dengan melihat potensi dan jaringan santri maupun alumni yang dimiliki pesantren, hal ini dapat digabungkan dengan penerbit uang elektronik maupun penyelenggara layanan keuangan digital dan edukasi keuangan sehingga akses keuangan kepada masyarakat di kalangan dan sekitar pesantren dapat diperluas.

Read More

Pilih Uang Kertas Atau Transaksi Non Tunai?

Layanan Non Tunai

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah. Ada adaaaa aja. Para aparat pun sudah tanpa lelah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu waspada mengurangi peluang terjadinya kejahatan. Paling sering sih, jangan terlalu banyak memakai perhiasan berharga dan jangan membawa uang dengan jumlah besar sekaligus.

Read More

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu… pokoknya having fun! Tapi tahukah anda-anda sekalian ini kalau sejatinya Indonesia punya potensi yang buesar sekali untuk mengembangkan wisata yang penuh dengan barokah. Kok bisa begitu? Diselipin syariah dong!

Read More

Ekonomi Syariah Bukan Hanya untuk Umat Muslim!

Ekonomi Syariah

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Dari sini, bisa keliatan kalau sebenernya, Indonesia menyimpan potensial untuk perkembangan ekonomi syariah yang lebih maju dari negara lain. Dengan catatan: langkah yang diambil tepat dan pengelolaannya bener. Tapi tahukah anda sekalian kalau sebenarnya ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya diperuntukkan bagi umat islam saja?

Read More

Bencana Asap Bisa Gerakkan Solidaritas Antar Sesama!

Bencana Asap

Kalau ada yang tanya, apa sih dampak positif dari asap hasil kebakaran hutan belakangan, pasti bakal banyak teriak “MANA ADA!”. Padahal salah besar lho itu! Okelah asapnya memang mengganggu kesehatan dan bahkan roda perekonomian nasional. Nama Indonesia juga jadi ikutan jelek. Tapi, kalau anda punya pola pikir optimis pasti bisa melihat satu dampak positif bencana ini.

Ya. Bencana asap punya kemampuan untuk menggerakkan solidaritas antar sesama.

Read More