5 Jurus Jitu Negosiasi dalam Bisnis

Seringkali pebisnis pemula masih belum tahu bagaimana cara bernegosiasi yang efektif? Ada baiknya sebelum atau bahkan ketika memulai sebuah bisnis, sudah mendapatkan info tentang jurus jitu dalam melakukan negosiasi. Apa saja jurusnya?

jurus jotu negosiasi, bagaimana negosiasi yang efektif 

Tentukan minimum dan maksimum

Maksudnya, tentukan syarat mininum yang ingin didapatkan dan syarat maksimum yang ingin ditawarkan. Seringkali hal sederhana yang satu ini terlupakan, padahal termasuk ke dalam kategori jurus jitu dalam melakukan negosiasi lho.

Kelemahan & kekuatan

Cara berikutnya adalah dengan dengan melakukan riset agar tahu apa kelemahan dan kelebihan dari pihak yang ingin diajak negosiasi. Kumpulkan bukti otentik yang dibutuhkan agar terhindar dari asumsi semata.

Lebih personal

Bagaimana cara negosiasi yang efektif? Jurus jitu dalam bernegosiasi gak melulu dilakukan dikantor dengan suasana yang formal dan tegang. Cari tahu tentang hobi dan kebiasaan pihak yang ingin diajak negosiasi. Banyak kontrak besar bisnis disepakati di kapal pesiar, lapangan golf bahkan restoran.

Win-win solution sebagai alternatif

Jurus jitu selanjutnya yaitu dalam bernegosiasi dibutuhkan fleksibilitas. Jangan kaku. Kalau memang penawaran sekiranya akan menguntungkan, ciptakan win-win solution to make everybody happy.

Tim khusus negosiasi

Pertanyaannya sederhana, bagaimana cara negosiasi yang efektif? Jawabannya jarang terdengar yaitu dengan menciptakan tim khusus untuk melakukan negosiasi. Perusahaan besar sudah menyadari berapa pentingnya bernegosiasi, sehingga dibentuklah tim ini. Negosiasi memang butuh strategi.

Selain tahu strategi negosiasi, yuk belajar mengatur keuangan!

Sumber inspirasi berbisnis.

This post has already been read 1386 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>