Apa Yang Dimaksud Dengan Uang Beredar Dan Komponennya

Uang Beredar

Apa Itu Uang Beredar?

Mungkin kita kerap mendengar atau melihat istilah Uang Beredar ketika bertemu dengan bahasan ekonomi keuangan, tapi apakah kita sudah mengetahui artinya? Dari laman sosial media Bank Indonesia khususnya di akun resmi Facebook Bank Indonesia dijelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan uang beredar tersebut.

Jadi, pengertian yang dikutip mengenai Uang Beredar adalah kewajiban sistem moneter (Bank Sentral, Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat/BPR) terhadap sektor swasta domestik (tidak termasuk Pemerintah Pusat dan bukan penduduk).

Komponen Wajib Uang Beredar

Uang Beredar

Sumber Gambar : FB BI

Berikut adalah Kewajiban yang menjadi komponen Uang Beredar terdiri dari :

Uang kartal yang dipegang masyarakat (di luar Bank Umum dan BPR)

Uang kartal/currency adalah uang kertas dan uang logam yang dikeluarkan oleh otoritas moneter sebagai alat pembayaran yang sah.

Uang Giral

Uang Giral adalah simpanan milik sektor swasta domestik pada Bank Indonesia dan Bank Umum yang setiap saat dapat ditarik untuk ditukarkan dengan uang kartal sebesar nilai nominalnya.Uang Giral terdiri dari rekening giro rupiah milik penduduk, kewajiban segera diantaranya berupa transfer dan remittance, tabungan, dan simpanan berjangka yang telah jatuh tempo. Dalam hal ini tidak termasuk giro yang diblokir.

Uang Kuasi yang dimiliki oleh sektor swasta domestik

Uang Kuasi adalah simpanan milik sektor swasta domestik pada Bank Umum dan BPR yang dapat memenuhi fungsi-fungsi uang, baik sebagai satuan hitung, alat penyimpan kekayaan, maupun alat pembayaran yang ditangguhkan, namun untuk sementara waktu kehilangan fungsinya sebagai alat tukar menukar, contohnya seperti simpanan berjangka dan tabungan rupiah.

Surat berharga selain saham yang diterbitkan oleh sistem moneter yang dimiliki sektor swasta domestik dengan sisa jangka waktu sampai dengan satu tahun.

Diatas tadi adalah penjelasan singkat mengenai Uang Beredar yang dikutip dari sumbernya yaitu FB Bank Indonesia.

This post has already been read 587 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>