Bisnis Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

Bisnis Tanpa Modal

Sebelumnya telah dibahas mengenai bisnis modal kecil bagi kamu para mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur, tapi apakah tidak ada Bisnis Tanpa Modal bagi mahasiswa yang memang ingin berwirausaha namun benar-benar tidak ada modal sama sekali? Jawabanya adalah ADA, jadi jangan berkecil hati dan malah mengurungkan niat kamu yang ingin berwirausaha, dimana ada kemauan maka disitu ada jalan.

Memang untuk urusan modal ini bagi seorang mahasiswa biasanya menjadi masalah yang paling dipikirkan untuk memulai usaha dan Bisnis Tanpa Modal ini menjadi satu-satunya harapan untuk memulai usaha bagi mahasiswa yang terpentok dengan masalah tersebut. Bagaimana tidak, jangankan untuk mengumpulkan dana bagi modal usaha, biaya-biaya yang tidak terduga untuk melengkapi kebutuhan kuliahpun sering kali datang mendadak. Contohnya biaya semester pendek, tugas-tugas, DPP, dan lain-lain.

Untuk itu, mahasiswaekonomi.com ingin memberikan beberapa contoh Bisnis Tanpa Modal yang dapat menjadi referensi bagi kamu yang mau memulai usahanya sejak masih kuliah. Berikut adalah contoh ide bisnisnya :

Jasa Pengetikan

Kalau kamu punya PC atau Laptop sendiri, gunakanlah apa yang kamu miliki tersebut dengan maksimal. Kamu bisa membuka jasa pengetikan buat teman-teman kampus kamu yang biasanya ada saja yang malas untuk mengetik tugas mereka. Kamu bisa taruh iklan di mading kampus yang memberikan informasi bahwa kamu membuka jasa pengetikan yang cepat dan akurat 100%, karena itu akan membuka peluang kepercayaan dari teman-teman yang merupakan calon pelanggan kamu.

Makelar Laundry

Bisnis laundry di area kampus memang sedang naik daun saat ini, karena banyak mahasiswa rantau yang tinggal di kamar kost atau mengontrak rumah di sekitaran area kampus yang kadang mereka tidak memiliki cukup waktu atau cukup ruang untuk mencuci baju-baju mereka sendiri. Nah, kamu dapat memanfaatkan peluang ini dengan cara mengajak si pengusaha laundry untuk bekerja sama dengan kamu.

Tawarkan jasa kamu untuk membawakan laundry dari teman-teman kampus kamu, dan beritahu juga bahwa kamu ingin mandiri dengan memulai usaha ini, tanyakan juga apakah harganya dapat dikurangi per kg nya agar itu bisa menjadi keuntungan kamu. Jika sudah bernegosiasi dan mendapatkan kesepakatan, maka segera informasikanlah kepada teman-teman kampus kamu usaha kamu ini.

Les Private

Untuk mahasiswa, seharusnya mata pelajaran TK, SD, SMP dan SMA seharusnya bukanlah hal yang sulit. Jika kamu merasa tahu lebih dengan mata pelajaran tertentu, kamu bisa jadikan hal tersebut sebuah peluang usaha juga. Kamu bisa membuka jasa les private. Tentunya sebelum kamu menginformasikan jasa kamu tersebut, kamu terlebih dahulu harus mendata sekolah mana saja yang dekat dengan tempat tinggal kamu. Karena biasnya para orang tua lebih nyaman dengan pengajar bagi anak mereka dirumah yang rumahnya juga dekat dengan mereka.

Setelah memulai jasa les private kamu, jangan lupa untuk selalu memantau nilai-nilai sekolah si anak yang kamu berikan les tersebut. Kamu pun harus selalu update tentang materi dari mata pelajaran yang kamu ajarkan. Kenali juga karakter anak yang kamu ajari, hal itu akn mempermudah kamu untuk mencari tahu bagaiman cara mudah agar si anak tersebut mengerti apa yang kamu sampaikan.

Bisnis Online

Jika kamu masih awam dengan bisnis online, ada baiknya kamu cari tahu tentang informasi bisnis online sebanyak-banyaknya. Karena kebanyakan orang yang gegabah dalam memulai bisnis onlinenya seringkali berhenti ditengah jalan karena terpentok suatu kendala.

Biasanya bagi mahasiswa yang ingin memulai Bisnis Tanpa Modal dalam bisnis online bisa dengan cara menjadi blogger, affiliate marketing, jasa desainer logo, web developer, dropship, dan lain-lain. Kamu tinggal pilih mana yang paling cocok dengan kamu.

Bisnis Tanpa Modal

This post has already been read 831 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>