Cara Mudah Membuat Makalah (Part 3)

Hay kawan ekonomi, kembali lagi nih kita bahas bagaimana cara membuat makalah atau skripsi mudah dan sistematis. Setelah part 1 dan part 2 sudah membahas tentang sitematika penulisan makalah. Di part tiga ini kita akan bahas tuntas petunjuk penulisan makalah, ukuran kertas dan format font.

C.  Petunjuk Teknis Pengetikan

Dalam petunjuk teknis pengetikan ini terdiri dari format jenis dan ukuran kertas, format jenis dan tipe huruf, pengaturan ruang ketikan (lebar margin halaman kertas), indensi serta penomoran halaman.

1. Jenis dan ukuran kertas dalam makalah atau skripsi :

Standar Jenis dan ukuran kertas yang digunakan dalam karya ilmiah terutama penulisan makalah dan skripsi biasaanya menggunakan kertas HVS putih, dengan berat 80 gram, dan ukuran A4 (lebar 21 cm serta panjang 29,7 cm)

2. Jenis dan tipe huruf

Jenis huruf yang biasa digunakan dalam membuat makalah atau skripsi ialah Times New Roman dengan ukuran 11. Kawan juga bisa menggunakan beberapa huruf lain seperti Book Antiqua ukuran 10, Arial ukuran 10, dan Tahoma ukuran 9. Warna tulisan sebaiknya menggunakan warna hitam ya kawan. Itu karena lebih formal dan rapi.

3. Format margin dalam penulisan makalah atau skripsi

-     Ukuran Lebar Ruang Tepi Kiri (margin Kiri) : 2,5 Cm

-     Ukuran Lebar Ruang Tepi Kanan (margin Kanan) : 2,5 Cm

-     Ukuran Lebar Ruang Tepi atas (margin atas) : 2,5 Cm

-     Ukuran Lebar Ruang Tepi bawah (margin bawah) : 2,5 Cm

Yang perlu diperhatikan:  jangan memotong kata yang akan merubah kaidah arti ya kawan (contoh re- maja)

D. Indensi

Indensi memiliki pengertian permulaan pengetikan baris pertama pada setiap paragraf baru. pengetikan paragraf baru dimulai pada ketukan ke-7.

E. Format penomoran halaman

Penomoran halaman dilakukan pada seluruh halaman yang ada dalam makalah, skripsi serta laporan karya ilmiah lain mulai dari bagaian awal hingga lampiran, kecuali untuk lembar Judul, Lembar pernyataan, lembar pengesahan, lembar persetujuan serta lembar pengesahan tim penguji tidak perlu dilakukan penomoran.  Adapun ketentuan penulisan nomor halaman adalah sebagai berikut :

  1. Nomor Halaman untuk bagaian awal ditempatkan ditengah bagian bawah halaman dengan menggunakan huruf Romawi kecil (misalnya : i, ii, iii, dst)
  2. Nomor halaman untuk bagian isi dan lampiran ditempatkan di sudut kanan atas setiap halaman dengan menggunakan angka arab ( misalnya : 1,2,3 dst), kecuali halaman yang membuat awal bab.
  3. Nomor halaman untuk bagian isi yang memuat awal bab ditempatkan ditengah baian bawah halaman dengan menggunakan angka arab (misalnya 1,2,3, dst)

F. Penulisan kata bilangan pengejaan, pemenggalan, dan penyingkatan Kata

a) Penulisan kata bilangan

Semua kata bilangan dari satu sampai sembilan harus ditulis dengan huruf dan tidak boleh diikuti dengan angka dalam kurung.  Demikian juga bilangan-bilangan kelipatan sepuluh sampai dengan seratus dan kelipatan seribu ditulis dengan huruf, misalnya : empat puluh, lima puluh, lima ratus, dan lima ribu.  Ketentuan-ketentuan diatas berlaku untuk penulissan kata bilangan dalam uraian.  Sedangkan untuk nomor rumah, tanggal, nomor telepon, bilangan dalam tabel, bilangan persentase dan nomor halaman, boleh ditulis dengan angka arab.

Bilangan yang terdiri dari empat angka atau lebih ditulis dengan memberikan satu tanda titik menyekat ribuan dan jutaan, misalnya 7.450 , 25.550 , 6.333.059 sedangkan untuk bilangan desimal, digunakan tanda koma (,) sebagai penyekat berlaku.  Sedangkan penulisan nama bulan harus dengan huruf.

b) Pengejaan, pemenggalan dan penyingkatan kata harus sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku.

Oke, lengkap sudah tata cara pembuatan makalah kali ini. Kita ketemu di artikel lainnya ya kawan, tetap simak dan belajar bareng aku di mahasiswaekonomi.com. cheeerss

 

This post has already been read 1479 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>