Cara Mudah Membuat Makalah (Part 1)

Setiap Perguruan Tinggi baik itu program Sarjana, Magister, atau Doktor pasti akan membuat makalah. Tetapi sistematika penulisan makalah itu sendiri berbeda-beda setiap jurusan.  Nah yang akan saya bahas di bawah ini adalah bagaimana cara membuat suatu makalah untuk mahasiswa ekonomi dasar. Semoga bermanfaat ya kawan, jika perlu catat biar gak lupa. hehehe

 A. Tata Cara Penyusunan dan Penempatan Judul ( Makalah dan Skripsi)

  1. Urutan suatu bab dalam suatu karya ilmiah dapat terdiri dari judul bab, sub bab, paragraf, sub paragraf, pasal, sub pasal, ayat dan sub ayat. Secara singkat teknis penulisan setiap bagian tersebut dijelaskan sebagai berikut :
  • Penempatan Judul bab : ditempatkan di bagian atas tengah, dibawah kata bab.
  • Seluruhnya ditulis dengan huruf besar tanpa garis bawah dan tanda baca apapun.
  • Penempatan Sub Judul bab : ditempatkan di tepi kiri dan huruf awal setiap kata ditulis dengan huruf besar kecuali kata penghubung tanpa garis bawah dan tandda baca apapun.
  • Penulisan Judul Paragraf : ditempakan di tengah, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar kecuali kata penghubung, dicetak miringdan tanpa diakhiri tanda baca apapun.
  • Penulisan Judul Sub paragraf, ditempatkan di tengah, huruf pertama tiap kata ditulis dengan huruf besar kecuali kata penhubung, tanpa garis bawah dan tanda baca apapun.
  • Penempatan Judul Sub Pasal, ditempatkan di tempi kiri, huruf pertama tiap kata ditulis dengan huruf besar kecuali kata penghubung, tanpa garis bawah dan tanda baca apapun.
  • Penempatan Judul Ayat, ditempatkan di tepi kiri dengan spasi tujuh ketukan.
  •  Format Penulisan Huruf pertama tiap kata ditulis dengan huruf besar, kecuali kata penghubung, dicetak miring dan tanpa tanda baca apapun.
  • Penempatan Judul sub ayat, ditempatkan di tepi kiri dengan spasi sepuluh ketukan, huruf pertama tiap kata ditulis dengan huruf besar, kecuali kata penghubung, dicetak miring dan dibubuhi tanda baca titik (.).  Uraian kalimat dari sub ayat ini langsung mengikuti judul sub ayat secara horisontal.

This post has already been read 1723 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>