Definisi Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Dari banyak istilah ekonomi, belakangan mungkin kita sering mendengar istilah ekonomi kreatif dan industri kreatif. Istilah ini sering dipakai dalam pendidikan ekonomi modern atau pelaksana bisnis saat ini. Ada banyak bisnis ekonomi kreatif yang sering ditekuni para enterpreneur. Sebelumnya kita esti mengetahui definisi dari ekonomi kreatif.

Definisi Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan keluasan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya. Ekonomi akan didukung oleh jalannya industri kreatif. Apa itu definisi Industri Kreatif?

Definisi Industri Kreatif

Industri kreatif adalah kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait penciptaan atau pembuatan satu benda atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Di Eropa industri kreatif lebih dikenal dengan sebutan ‘Industri Budaya’.

Industri Kreatif Menurut Kementrian Predagangan

Kementrian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Menurut Howkins

Howkins: Ekonomi Kreatif terdiri dari periklanan, arsitektur, seni, kerajinan. desain, fashion, film, musik, seni pertunjukkan, penerbitan, Penelitian dan Pengembangan (R&D), perangkat lunak, mainan dan permainan, Televisi dan Radio, dan Permainan Video. Saat ini industri kreatif berjalan semakin luas dan memiliki pilar-pilar kuat di masing-masing bidang karena memang mengusung kreativitas pelaku bisnis tersebut.

Semoga penjelasan ekonomi kreatif dan industri kreatif di atas menambah wawasan Anda tentang istilah ekonomi secara umum.

Baca Juga:

Ketahui 5 Tanda Kamu Punya Bakat Bisnis

5 Cara Untuk Menghasilkan Uang Saat Menjadi Mahasiswa

This post has already been read 17388 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>