Ekonomi Makro dan Istilah didalamnya (1)

  1. Kapitalis: seseorang yang memiliki barang-barang modal.
  2. Kartel: organisasi para produsen yang sepakat untuk menjadi satu penjual tunggal.
  3. Kapasitas: tingkat output yang berkaitan dengan total biaya rata-rata jangka pendek yang minimum.
  4. Komoditi: sesuatu yang dapat dipasarkan yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan.
  5. Keunggulan komparatif: kemampuan suatu negara untuk memproduksi komoditi tertentu dengan biaya oportunitas produk-produk lain yang lebih rendah dari pada Negara lain.
  6. Komplemen: dua komoditi yang digunakan secara bersama sama satu sama lain.
    Konsumerisme: suatu gerakan yang menonjolkan konflik antara kepentingan perusahaan dengan kepentingan umum.
  7. Kurva Permintaan Agregat, Kurva AD: menghubungkan jumlah total output yang akan diminta dengan tingkat.harga output itu.
  8. Kurva penawaran agregat, kurva AS: menghubungkan jumlah total output yang akan diproduksi dengan harga output itu.
  9. Kebijakan pertumbuhan berimbang: kebijakan yang dirangsang untuk menghasilkan pertumbuhan yang simultan di semua sektor ekonomi.
  10. Konsumsi: tindakan menggunakan komoditi baik barang maupun jasa.
  11. Kurva permintaan: grafik yang menggambarkan hubungan antara kuantitas komoditi tertentu yang akan dibeli selama periode waktu tertentu dengan harga komoditi tersebut.
  12. Kebijakan fiscal bebas : kebijakan yang dikeluarkan untuk mengatasi setiap keadaan ekonomi yang khusus apabila terjadi.
  13. Kondisi ekuilibrium: kondisi yang harus dipenuhi jika pasar atau sector ekonomi berada pada keadaan ekuilibrium.
  14. Kebijakan fiscal: penggunaan kegiatan menaikan pendapatan dan kegiatan pengeluaran yang dilakukan pemerintah dalam usahanya mempengaruhi variable makro seperti GNP dan lapangan kerja.
  15. Kuota impor: batas yang ditetapkan oleh pemerintah mengenai kuantitas komoditi asing yang masuk ke negeri itu selama periode tertentu.
  16. Kebijakan pendapatan : setiap campur tangan langsung oleh pemerintah untuk mempengaruhi pembentukan upah dan tenaga kerja.
  17. Kurva indeferen: kurva yang menggambarkan semua kombinasi dari 2 komoditi yang memberikan sejumlah keputusan yang sama.
  18. Labor (tenaga kerja): faktor produksi yang terdiri dari semua kontribusi fisik dan mental yang disediakan orang.
  19. Land (tanah): faktor produksi yang terdiri dari semua pemberian alam, termasuk bahan mentah dan “tanah” itu sendiri menurut pengertian konvensionalnya.
  20. Legal Tender (alat pembayaran sah): benda yang menurut hukum harus diterima sebagai alat untuk pembelian barang dan jasa atau untuk membayar hutang.
  21. Liquidity (likuiditas): tingkat kemudahan dan kepastian sutu harta untuk dicairkan menjadi alat tukar dalam sistem ekonomi.
  22. Long Run (jangka panjang): periode waktu di mana semua input bisa bervariasi tetapi teknologi produksi dasarnya tidak dapat diubah.
  23. Macroeconomics (makroekonomi): studi tentang penentuan ekonomi agregat dan rata-rata, seperti total output, total kesempatan kerja, tingkat harga dan laju pertumbuhan ekonomi.
  24. Marginal Cost (MC, biaya marjinal): kenaikan total biaya sebagai akibat peningkatan produksi 1unit barang. Secara sistematis; tingkat perubahan biaya yang berhubungan dengan output, disebut juga sebagai biaya inkremental.
  25. Marginal Product (MP, produk marjinal): perubahan kuantitas total output yang diakibatkan oleh penggunaan tambahan 1unit faktor produksi. Secara sistematis; tingkat perubahan output yang berhungan dengan kuantitas faktor produksi, isebut juga produk inkremental atau produk fisik marjinal.

This post has already been read 1299 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>