Ekonomi Manajerial: Pengertian dan Manfaat dalam Penerapannya

Pastinya Anda tidak asing lagi dengan beberapa istilah dalam ekonomi manajerial, jika anda bergerak dan berkecimpung dalam dunia bisnis, perusahaan, atau bahkan mahasiswa yang mengambil jurusan ekonomi dan managemen. Ya, kali ini akan dibahas mengenai ekonomi manajerial, mulai dari pengertian lebih lanjut, manfaat, dan penerapannya dalam bidang ekonomi baik dalam dan hubungan ekonomi luar negeri.

ekonomi manajerial

ekonomi manajerial – cityanz.wordpres.com

Pengertian Ekonomi Manajerial

Cara mudah untuk memahami tentang konsep ekonomi manajerial adalah kemampuan sebuah rumah sakit untuk mengatasi pasien dalam jumlah banyak, dengan standar kesehatan yang sesuai dengan yang ditentukan, dengan tenaga kerja dan sumber daya yang terbatas, namun dapat mencapai tujuan sebuah rumah sakit tersebut dengan suatu sistem, maka sistem itulah yang disebut dengan ekonomi manajerial.

Manfaat Mempelajari Ekonomi Manajerial

Dalam penerapannya dan juga penggunaan ekonomi manajerial dalam perekonomian, baik dalam negeri maupun luar negeri, ekonomi manajerial akan mengatur segala hubungan dalam perekonomian. Misalnya yang akan mengatur bagaimana sistematik jalannya keuangan suatu perusahaan, bagaimana mengatur pemasukan dan pengeluaran, serta bagaimana suatu keputusan yang sangat penting dalam menjalankan perusahaan tersebut dapat diatur dalam ekonomi manajerial. Banyak sekali perusahaan besar dan maju yang menggunakan sistem ekonomi manajerial sebagai landasan utama dan juga sebagai border dalam usahanya karena banyak aspek yang dapat ditangani dengan penerapan ekonomi manajerial yang baik dan sesuai dengan perusahaan.

Ekonomi Manajerial dalam Perdagangan Internasional

Beberapa jenis penerapan ekonomi manajerial adalah mengenai hubungannya dengan perdagangan Internasional yang melibatkan beberapa negara asing. Termasuk negara adidaya yaitu Amerika Serikat yang pastinya memiliki sistem ekonomi manajerial yang lebih detail jika dibandingkan dengan sistem ekonomi manajerial yang dimiliki oleh Indonesia. Dengan menerapkan ekonomi manajerial pada perdagangan dan perhubungan ekonomi internasional, kemajuan ekonomi Indonesia tidak akan tertinggal jauh dengan standar internasional, yang pastinya akan juga mempengaruhi kemajuan keseluruhan aspek ekonomi intern dan extern di Indonesia.

Itulah beberapa hal yang dapat anda pelajari mengenai ekonomi manajerial. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menengok lebih lagi tentang ekonomi manajerial dengan mencari beberapa referensi mengenai pengertian ekonomi, manfaat beberapa jenis ilmu ekonomi manajerial dan juga penerapan ekonomi manajerial dalam lingkup yang lebih luas dari beberapa yang telah dijelaskan di atas.

This post has already been read 17983 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>