Gawat! 4 Hal Ini Menimbulkan Masalah Keuangan

 

Bukan hanya gaya hidup yang menjadi penyebab dari masalah keuanganmu. Sebenarnya masih ada hal lain yang juga harus disadari kalau hal tersebut adalah faktor utama yang menimbulkan masalah keuangan. Apakah kamu memiliki salah satu dari keempat penyebab ini?

masalah keuangan

  • Want or need?

Seringkali seseorang lupa dan kalap ketika membeli barang. Masalahnya, kalau udah kalap pasti gak peduli dengan kondisi keuangan. Lebih parah lagi, seseorang lupa tanya ke dirinya sendiri, “Is it what I want or what I need?

  • Malas menabung

Kamu gak punya tabungan? You gotta be kidding me. Nabung gak harus 10 juta rupiah per bulan. Gak, gak seberat itu. Sisihkan saja 10% untuk menabung dari gajimu per bulan atau pendapatanmu. Kalau sepanjang tahun gak ada kebutuhan mendesak, berarti gak akan ada masalah keuangan. Jadinya kamu bisa pakai uangnya untuk liburan akhir tahun.

  • Have no vision

Bahaya nih kalau hidup udah gak punya visi dimasa depan. Gak punya visi untuk punya rumah sendiri, menikah, berlibur ke luar negeri. Ternyata kalau kamu gak punya visi tentang hidupmu sendiri, masalah keuangan akan muncul. Kamu jadi gak bisa menargetkan dirimu sendiri untuk punya berapa banyak uang ditabungan.

  • Berpikirnya pendek

Kenapa? Karena kalau seseorang berpikir pendek, maka ia tidak punya rencana keuangan untuk bulan depan, tahun depan atau selama 5 tahun ke depan, bahkan untuk 10 tahun ke depan. Alhasil, boros. Hindari masalah keuangan dengan mengatur pengeluaran per bulan. Sisihkan uang untuk keperluan per bulan misalnya belanja bulanan, pulsa internet per bulan, laundry, bayar kosan atau kontrakan. Kalau semuanya sesuai anggaran per bulan, gak akan ada masalah keuangan yang besar pasak dari pada tiang.

Sumber: solusi masalah keuangan dan bisnis

This post has already been read 1021 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>