Ilmu Teori Ekonomi

Ilmu teori ekonomi ada banyak sekali dan juga dikeluarkan oleh banyak tokoh ekonomi dunia. Kali ini kami akan mengulas sedikit mengenai ilmu – ilmu teori ekonomi yang ditemukan oleh para pemikir ekonomi di dunia mulai dari era yunani kuno hingga ilmu teori ekonomi modern saat ini.

Ilmu Teori Ekonomi – Beberapa Ilmu Teori Ekonomi dari Para Tokoh Ekonomi Dunia

Ilmu teori ekonomi dari Aristoteles yang terkenal adalah mengenai transaksi natural dan unnatural. Menurut Aristoteles transaksi dalam berdagang dapat memiliki tujuan yang berbeda yakni:

- transaksi untuk memenuhi kebutuhan dengan mengumpulkan kekayaan yang diinginkan dalam jumlah yang terbatas (natural)

- atau transaksi untuk mengumpulkan kekayaan yang potensial dan memiliki cakupan yang tidak terbatas sebagai kumpulan asset (unnatural)

 Ilmu teori ekonomi lainnya, menurut waktunya, dapat dibagi sedikitnya menjadi dua yakni teori ekonomi klasik dan teori ekonomi neo klasik. Ilmu teori ekonomi klasik ditemukan oleh beberapa tokoh ekonomi dunia yang terkenal seperti J. B. Say, David Ricardo, F.A. Walker, serta Adam Smith. Sedangkan beberapa Ilmu teori ekonomi neo klasik dikeluarkan oleh J.S. Mill, Lionel Robbins, Willian Beveridge, A.C. Pigou, dan Alfren Marshall.

Para tokoh ekonomi ini hadir dengan ilmu teori ekonominya masing – masing. Misalnya, F.A. Walker dan Adam Smith menilai bahwa ekonomi adalah satu cabang kajian ilmu yang membahas tentang penyebab-penyebab dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan terjadinya kekayaan.

Sedangkan menurut Willian Beveridge mirip dengan pendapatnya Alfred Marshall, ekonomi adalah cabang ilmu yang membahas tentang bagaimana cara-cara manusia mendapatkan keperluan material yang salah satunya adalah dengan cara melakukan kerja sama.

Alfred Marshal menambahkan bahwa ekonomi juga berkaitan dengan bagaimana cara mereka menggunakan keperluan materialnya tersebut. Sedangkan J.S. Mill melihat ekonomi dari sisi politik dimana ekonomi disebut sebagai kajian yang membahas tentang pengeluaran Negara.

Itulah beberapa Ilmu teori ekonomi dari para tokoh ekonomi dunia.

This post has already been read 1118 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>