Ingin Melanjutkan Pendidikan Lagi? Sudah Siapkan Dananya?

dana pendidikan, investasi, kebebasan finansial, hidup bebas, DBS Smart Money

Apa kamu berminat melanjutkan pendidikan lagi ke jenjang S2 atau S3? Jika iya, apa kamu sudah mempersiapkan dananya? Dana pendidikan untuk jenjang S2 atau S3 bisa dibilang cukup mahal dibandingkan jenjang S1.

Belum lagi untuk textbook, dan pembuatan thesis yang terkadang memakan biaya yang tidak sedikit. Jika tidak dipersiapkan, dikhawatirkan akan mengganggu cashflow finansial kamu setiap bulannya.

Oleh karena itu, jika kamu berminat melanjutkan pendidikan lagi ke jenjang S2 atau S3, lebih baik dari sekarang dipersiapkan dananya. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan untuk kamu, semoga bermanfaat :

Tetapkan pilihan kampus dan jurusan

Ini untuk merencanakan berapa kisaran dana yang dibutuhkan. Cari tahu dulu kampus dan jurusan yang jadi target kamu, berikut dengan dana pendidikan dari awal sampai selesai. Dan apakah ada potongan biaya kuliah dengan syarat tertentu. Biasanya ada kampus yang memberikan potongan dana pendidikan jika memiliki prestasi dari kuliah sebelumnya atau kamu punya prestasi di bidang lain.

Mulai menghitung

Setelah kamu tahu berapa kisaran dana yang diperlukan, mulai hitung berapa tabungan yang kamu miliki dari hasil menyisihkan gaji setiap bulannya. Apakah cukup untuk dana pendidikan? Jika tidak apakah harus mencari tambahan atau mulai berinvestasi? Hitung dengan cermat dan teliti, karena ini akan berpengaruh pada masa depan pendidikan yang ingin kamu jalani.

dana pendidikan, investasi, kebebasan finansial, hidup bebas, DBS Smart Money

Pilihan Investasi yang Tepat

Jika ternyata dana yang diperlukan masih kurang, ada beberapa pilihan untuk kamu mulai dari mencari tambahan pekerjaan atau side job yang tentunya tidak boleh mengganggu pekerjaan kamu sekarang atau solusi lainnya dengan berinvestasi.

Investasi yang tepat menurut saya tergantung dari kapan waktunya kamu mulai kuliah dan dana yang kamu miliki sekarang. Jika kamu sudah memiliki tabungan atau deposito kamu bisa melirik investasi reksadana.

Ada reksdana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, dll. Setiap jenisnya memiliki karakteristik dan resiko yang berbeda-beda. Pilih saja jenis reksadana yang sesuai tergantung dengan jangka waktu investasi.

Kamu juga bisa memilih asuransi pendidikan. Selain dapat diperhitungkan secara tepat, penggunaan asuransi juga relatif lebih aman dari kemungkinan terpakainya anggaran untuk kebutuhan lain.

Rencanakan lima tahun sebelumnya

Saran saya dalam menyiapkan dana pendidikan S2 atau S3 lebih baik direncanakan sejak jauh-jauh hari. Artinya jika saat ini kamu ada rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3, rencanakan dananya 5 tahun lagi. Akan lebih baik jika direncanakan dari lima tahun sebelumnya.

Jika direncanakan lima tahun sebelumnya atau kamu merencanakan pendidikan S2 atau S3 lima tahun dari sekarang. Setidaknya kamu memiliki keleluasaan dalam menyisihkan dana yang dibutuhkan, sehingga saat akan menempuh pendidikan S2 yang hanya dua tahun bisa dilakukan dengan lebih tenang.

Jika kamu masih bingung belajar saja dulu strategi investasi dari simulator game DBS Smart Money. Sangat pas untuk kamu yang ingin belajar mengelola finansial dan investasi dengan cara yang tepat, fun, dan educating.

Kamu akan diajarkan caranya mendapatkan kebebasan finansial dan menikmati hidup bebas. Tertarik? Download saja di Android ataupun iOS.

This post has already been read 1168 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>