Istilah Yang Sering Muncul Dalam Ilmu Ekonomi (3)

  1. Account/ rekening/ perkiraan : Kumpulan informasi dalam suatu system akuntansi
  2. Accounting : Suatu kegiatan jasa yang fungsinya menyajikan informasi kuantitatif tentang lembaga-lembaga ekonomi terutama yang bersifat keuangan.
  3. Actual cost/ biaya actual : Biaya sesungguhnya yang dikeluarkan perusahaan.
  4. Administrative cost/ biaya administrasi : Biaya administrasi yang pada umumya disatukan dengan biaya umum dengan nama biaya administrasi dan umum.
  5. Administrative expense budget : Anggaran untuk biaya administrasi.
  6. Agen : perantara perdagangan yg nama perusahaan menjualkan barangnya didaerah tertentu.
  7. Assets/ harta/ aktiva : Sumber-sumber ekonomi  yang dikuasai oleh perusahaan dan masih memberikan kemanfaatan di masa akan datang.
  8. Average cost : Biaya rata-rata dari semua total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam proses produksi.
  9. Balance of trade (neraca perdagangan) : bagian dari neraca pembayaran yg merinci impor dan ekspor barang berwujud.
  10. Break even point/ titik impas : Suatu keadaan dimana perusahaan dalam kondisi tidak mendapatkan laba atau menderita rugi.
  11. Bursa efek : tempat diperjual belikan efek –efek atau tempat bertemunya pihak yg menawarkan dan pihak yg memerlukan dana jangka panjang.
  12. Committed fixed cost/ biaya tetap committed : Biaya tetap yang jumlah maupun pengeluarannya dipengaruhi oleh pihak ketiga, dan tidak bisa dikendalikan oleh manajemen.
  13. Cost accounting/ akuntansi biaya :Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk dan jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.
  14. Cost/ biaya/ beban : Nilai yang di ukur dengan uang untuk memperoleh barang/ jasa atau semua pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan.
  15. Dana likid : harta keuangan yg bebas resiko dan langsung dapat dikonversi menjadi uang
  16. Depresiasi mata uang : mata uang sebuah Negara dikatakan didepresiasi apabila nilainya menurun dibandingkan dengan mata uang lainnya.
  17. Devaluasi : penurunan nilai resmi mata uang suatu Negara disbanding mata uang lainnya atau disbanding emas
  18. Differencial cost/ biaya diferensial : Jumlah biaya yang berbeda jika dihitung menurut satu set kondisi-kondisi tertentu disbanding dengan satu set kondisi-kondisi lain.
  19. Direct cost/ biaya langsung : Biaya yang dikeluarkan/ dibebankan dimana biaya tersebut bisa langsung dihubungkan dengan obyek yang dibiayai/ dibebani.
  20. Direct costing : Suatu metode penentuan harga pokok dimana hanya biaya produksi variabel saja yang dibebankan sebagai bagian dari harga pokok produksi.
  21. Disinflasi : proses penurunan tingkat inflasi yang tinggi
  22. Disposable income (pndapatan bebas ) : pendapatan yg sudah siap untuk dibelanjakan
  23. Distribusi : semua kegiatan yg ditunjukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
  24. Efek : surat bukti utang jangka panjang (obligasi) surat tanda penyertaan modal (saham),sekuritas kredit, dan surat berharga lainnya.
  25. Efisiensi : penggunaan sumber daya ekonomi yg menghasilkan tingkat kepuasan maksimum yg muingkin pada input tertentu.

This post has already been read 1197 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>