Kepemimpinan Dalam Koperasi

Ada banyak yang bertanya, “Apa kunci sukses koperasi?”. Ada banyak jawaban yang bisa diberikan. Tapi kami ingin menyampaikan satu hal yang pokok, bahwa kunci sukses utama dalam sebuah koperasi ada pada kepemimpinan.

Pada tahap awal pendirian dan pengembangannya, koperasi sangat memerlukan seorang pemimpin yang mampu menjadi motor penggerak, pembina yang mengarahkan pada prinsip-prinsip koperasi yang sesungguhnya, pemberani yang mampu melakukan terobosan usaha baru bahkan untuk sesuatu yang sangat mustahil sekalipun, tegar dan konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.

Sangat penting menempatkan kedudukan pemimpin dalam sebuah koperasi. Kepemimpinan koperasi dilakukan secara kolektif oleh pengurus. Seorang ketua dalam kepengurusan koperasi bukanlah pemimpin yang memiliki hak-hak yang lebih tinggi. Dia adalah orang pertama diantara yang sama, dan bertindak sebagai koordinator. Menurut pakar manajemen dari Perancis, Paul Valery, keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin, antara lain :

  • Memiliki integritas dan keteladanan. Intergritas yaitu kualitas yang membuat orang lain percaya atas kepemimpinannya, sedangkan keteladanan merupakan contoh yang baik yang diperlihatkan pemimpin.
  • Memiliki tim manajemen yang kuat dan hebat. Pemimpin yang baik akan membangun ”tim manajemen” yang kuat dari berbagai keahlian.
  • Flexible dan responsif. Seorang pemimpin harus menyederhanakan hurarki kepemimpinannya, jangan terlalu formal serta mempermudah pengambilan keputusan. Seorang pemimpin juga harus responsif dan tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul untuk segera diselesaikan.
  • Konsisten. Seorang pemimpin harus memiliki prinsip dan melaksanakan prinsip-prinsip tersebut dengan konsisten sehingga kinerja perusahaan cenderung membaik.
  • Mampu membangun inspirasi bawahan. Pemimpin harus mampu memberdayakan dan memotivasi bawahannya untuk bekerja baik serta menjauhkan dari sikap egois.
  • Memiliki kepribadian yang baik, ramah, tenang dan memiliki ide cemerlang serta cakap mengambil keputusan.

Pada tahap selanjutnya, perlu terus dilakukan kaderisasi anggota dan pemimpin yang dapat menguatkan dan melangsungkan kehidupan koperasi untuk masa depan. Kunci sukses juga terletak pada kesabaran dalam menghadapi setiap rintangan dan kesulitan. Semoga sukses untuk koperasi kita.

 

This post has already been read 948 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>