Manfaat Dari Transparansi Dalam Berbisnis

Dalam berbisnis, wajib hukumnya untuk transparan dalam hal apapun. Apalagi jika Anda berbisnis dengan seseorang yang Anda kenal. Memangnya, apa manfaat dari transparansi dalam berbisinis?

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika Anda transpan. Dan, hal-hal tersebut akan sangat menguntungkan Anda. Apa saja hal-hal tersebut? Simak di bawah ini.

1. Kepercayaan

Dengan transparan, maka bisnis Anda akan mendapat kepercayaan. Mengapa? Contoh kecil, Anda hendak membeli sarapan di warung makan yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi. Namun, warung makan tersebut sangat transparan dalam hal bahan-bahan dan cara pengolahan. Apakah Anda ragu untuk membeli sarapan di warung makan tersebut? Saya yakin Anda tak akan ragu. Karena Anda menaruh kepercayaan terhadap warung makan tersebu, entah dari segi kebersihan ataupun kesehatan.

transparansi bisnis
2. Reputasi

Point kedua masih berhubungan dengan point ketiga. Sekarang, bayangkan warung makan tadi. Karena Anda menaruh kepercayaan, maka Anda akan memberi penilaian baik terhadap warung makan tersebut. Anda pasti akan menceritakan warung makan tadi kepada teman-teman Anda. Dan, melalui mulut ke mulut, warung makan tadi akan mendapatkan reputasi yang baik. Dengan reputasi yang baik, maka pelanggan pun akan berdatangan.

Hal tadi juga berguna bagi bisnis lainnya.

3. Karyawan

Pint ketiga sangat berpengaruh terhadap loyalitas karyawan yang akan mempengaruhi kredibilitas usaha yang Anda jalani. Jika Anda membiasakan untuk transparansi terhadap karyawan, maka para karyawan tak akan selalu berpikir positif dan optimis akan kemajuan karirnya. Lagipula, jika Anda transparan, maka akan menghindari rasa benci antar karyawan dengan perusahanan.

Semoga ketiga manfaat diatas dapat menginspirasi Anda. Khususnya jika Anda wirausaha muda.

This post has already been read 990 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>