Materi Manajemen Koperasi (1)

Pengertian Organisasi koperasi

Pengertian koperasi dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu pengertian umum dan menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Pengertian  secara  umum :  Koperasi  adalah  suatu  perkumpulan  yang beranggotakan orang-orang atau badan-badan hukum koperasi yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota, dengan bekerjasama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan para anggotanya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian diberikan pengertian sebagai berikut : Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Inti dari pengertian koperasi tersebut diatas dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Koperasi Sebagai Badan Usaha

Koperasi sebagai organisasi ekonomi yg berwatak sosial harus mampu menjalan  kegiatannya secara seimbang, jangan sampai kegiatan ekonominya tidak diisi dan hanya di landasi oleh nilai-nilai kemasyarakatan tertentu.

Sebagai badan usaha, koperasi adalah sebuah perusahaan yang harus mampu berdiri sendiri menjalankan kegiatan usahanya mendapatkan laba. Sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya para anggota-anggotanya.

2. Beranggotakan Orang-orang

Pengaruh dan penggunaan modal jangan mengurangi arti koperasi Indonesia. Ini berarti koperasi harus benar-benar mengabdikan kepada perikemanusiaan dan bukan kepada kebendaan.

3. Asas Kekeluargaan

Koperasi harus menyadari bahwa di dalamnya terdapat kepribadian Indonesia. Asas kekeluargaan mencerminkan adanya kesadaran dari hati nurani manusia untuk mengerjakan segala sesuatu dalam koperasi : oleh semua, untuk semua dibawah pimpinan pengurus yang dipilih anggota atas dasar keadilan, kebenaran dan keberanian berkorban bagi kepentingan bersama.

This post has already been read 208 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>