Mencari Ide Bisnis? Mudah Kok, Simak Tipsnya Yuk

peluang , cerdas, investasi , ide bisnis

Ide bisnis bisa datang dari mana aja, bahkan saat kamu lagi bengong sekalipun.

Nah, gimana dong dengan mahasiswa, bagaimana caranya mendapatkan ide bisnis untuk yang masih kuliah.

Tenang, coba terapkan tips berikut ini :

Dari Hobi

Hobi adalah sesuatu yang kamu cintai, kamu sukai. Mulai dulu dari hal itu. Misalnya kamu hobi design website, coba kamu tawarkan ke beberapa teman yang punya blog atau joinan deh sama temen yang jago pemrograman membuat usaha jasa website untuk promosi usaha. Atau kalau kamu hobi otomotif, coba saja kamu buka usaha bengkel kecil-kecilan atau modifikasi kendaraan. Bahkan hobi tidur juga bisa munculin ide bisnis loh. Misalnya membuat bantal dengan motif lucu atau pengharum kamar dari bahan ramah lingkungan misalnya.

Manfaatkan fasilitas kampus

Maksudnya sih jika kampus kamu tersedia fasilitas jaringan internet gratis, kamu bisa manfaatkan itu untuk mencari ide atau peluang bisnis. Syukur-syukur dari online itu kamu bisa berbisnis tanpa modal, tapi tetap dengan cara halal yah.

Cari masalah di lingkungan sekitar

Maksudnya bukan kamu mencari-cari masalah. Tetapi kamu coba temukan orang-orang yang keliatannya bermasalah, dan apa yang dia keluhkan. Ide bisnis yang merupakan sebuah solusi yang mampu memecahkan masalah dapat menjadi bisnis yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan orang yang mengalaminya.  Contohnya bisnis fresh air di Cina. Awal masalahnya adalah udara yang buruk di negara tersebut akhirnya memunculkan ide bisnis bagi pemiliknya mengambil udara di tempat yang masih bersih dan dijual. Menarik bukan? Ayo temukan apa yang ada di sekitar kamu. Misalnya di lingkungan kampus kamu belum ada jasa rental komputer atau pembuatan skripsi, kamu bisa memulai bisnis itu di lingkungan kampus. Tentunya kamu juga tahu pendiri facebook, berawal dari membuat sebuah website untuk menyatukan komunikasi antar fakultas teman seangkatan, akhirnya berubah menjadi media sosial komunikasi yang mendunia. Cari yang simpel aja deh, jadi kalau ada teman kampus yang lagi ada problem coba deh dengarkan, siapa tahu dari situ muncul ide bisnis kan?

peluang , cerdas , investasi , ide , bisnis

Cari tahu apa yang sedang dibutuhkan

Hampir mirip dengan yang di atas, kali ini yang perlu kamu selidiki adalah apa yang sedang dibutuhkan di lingkungan kampus kamu. Misalnya nih di kampus kamu banyak mahasiswa rantau, coba tawarkan usaha laundry. Atau kalau kamu hobi memasak, tawarkan catering ala anak kos yang harganya terjangkau. Jadi perhatikan lingkungan kampus yah. Bahkan nih yah misalkan ada satu dosen yang sering kasih tugas atau bikin paper, tawarkan saja jasa buat paper, tapi isi tetap dari mereka yah, hehehe. Kamu hanya membantu membuat cover, dan mengetikkan saja.

Banyak kok ide bisnis untuk mahasiswa. Bahkan dari sebuah bisnis yang ada kamu juga bisa memodifikasinya dan jadilah ide bisnis kloningan, atau istilah kerennya sih ide bisnis modifikasi. Cerdaslah memanfaatkan setiap peluang yang ada di depan mata. Tangkap peluang yang lewat di depanmu secepat mungkin.

Jika kamu sudah mulai berbisnis jangan lupa kamu pun harus cerdas mengelola finansial bisnis kamu, agar bisnis kamu itu bisa terus berkembang dan kamu pun bisa sukses bukan hanya sebagai mahasiswa tapi mahasiswa yang memiliki kebebasan finansial.

Kalau bingung bagaimana cara mengelola finansial yang benar, belajar dulu yuk dari DBS Smart Money. Game yang asyik, kamu bisa download dari android atau iOS. Game ini dijamin bikin kamu ketagihan deh. Pas banget buat mahasiswa kayak kita.

This post has already been read 1115 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>