Mengenal Ekonomi Mikro

Anda mungkin sering mendengar  istilah ekonomi mikro, namun apakah Anda paham apa sebenarnya ekonomi mikro itu. Dimulai dari ilmu ekonomi. Secara garis besar, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua bagian yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Sesuai namanya, ekonomi mikro mempelajari dan menganalisis bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian.

Sebagai contoh adalah kegiatan interaksi jual beli di pasar barang dan jasa dalam menentukan tingkat harga. Tingkah laku konsumen dan produsen juga menjadi bagian dari ekonomi berskala kecil ini. Sementara itu, ekonomi makro membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan ( skala besar ) seperti  pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, pengangguran, dan berbagai kebijakan ekonomi.

ekonomi mikro

Pasar merupakan poin penting di dalam ekonomi mikro. Berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan agar terbentuk suatu pasar persaingan sempurna dan berbagai hal yang dapat menyebabkan kegagalan pasar banyak dibahas dalam ruang lingkup ekonomi mikro. Oleh karena itu, kegiatan ekonomi individual berperan penting dalam cabang ilmu ekonomi yang satu ini. Ekonomi individu yang dimaksud meliputi individu rumah tangga dan individu perusahaan dengan berbagai aktivitas pasar yang terlibat di dalamnya.

Meskipun tampaknya ‘hanya’ membahas masalah perekonomian dan pasar individu, ekonomi mikro tidak dapat dipandang sebelah mata. Justru karena membahas ekonomi individu yang merupakan bagian terbesar dari perputaran roda perkonomian, ekonomi mikro menjadi sangat penting. Cabang ekonomi yang juga disebut Teori Harga ini perlu dikenal dan dipelajari oleh berbagai pihak agar tercipta lingkungan persaingan pasar yang sempurna. Dengan terciptanya lingkungan persaingan pasar sempurna diharapkan tercipta stabilitas dan kesejahteraan pasar yang baik bagi produsen maupun konsumen.

This post has already been read 1176 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>