Menyulap Sampah Koran Menjadi Uang

Bagi mahasiswa yang ingin memiliki penghasilan lebih tentunya tak pernah berhenti memutar otak. Terus menggali ide agar penghasilan dapat bertambah. Apalagi memiliki uang hasil kerja keras sendiri itu rasanya lebih memuaskan daripada sekedar memiliki uang dari orangtua. Namun, menemukan ide usaha tidak semudah seperti yang dibayangkan. Apalagi mengingat daya saing bisnis yang begitu banyak. Hmm, bagaimana jika kita mencoba usaha yang satu ini, usaha yang dapat menyulap sampah koran menjadi uang.

Bukan sulap bukan sihir, Alakadabra…. jadilah sampah koran menjadi uang! Ups, bukan begitu caranya. Yang dimaksud adalah, usaha bisnis menggunakan bahan koran bekas.

Mari mencontoh Haerani Erlina Farida, perempuan ini berhasil mengolah sampah koran menjadi uang. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan yang kreatif ia dapat membuat berbagai kerajinan tangan yang unik.

Menyulap Sampah Koran Menjadi Uang-mahasiswa ekonomi-1
Ranny adalah nama panggilannya. Ia memulai usaha kreatif ini sejak tahun 2011. Menurut Ranny, mubazir jika sampah koran hanya dijual kiloan saja. Oleh sebab itu, Ranny mencoba untuk memanfaatkan sampah koran agar menjadi sesuatu yang berguna.

Setiap bulannya, Ranny menggunakan 50-60 kilogram koran bekas. Dengan Rp 1.000/kg, ia hanya mengeluarkan Rp 50.000 per bulan untuk modal. Dan, untuk satu kerajinan tak pernah sampai menggunakan 1 kilo bahan.

Kemudian Ranny menjual produk kerajinan tangannya dengan harga antara Rp 5.000 hingga Rp 350.000. Dan omzet rata-rata per bulan yang ia dapatkan sebesar Rp 2.000.000. Lumayan bukan?

Atas hasil kerja kerasnya, kini pasar penjualan produk kerajinan tangan Ranny telah mendunia. Bahkan pesanan dari Kedutaan Indonesia di Arab Saudi kian berdatangan. Sekarang Ranny dibantu oleh 8 tenaga ahli dan 30 pekerja yang siap membantu dirinya. Dengan adanya bantuan pekerja, tentunya Ranny dapat memproduksi lebih banyak kerajinan tangan.

Menyulap Sampah Koran Menjadi Uang-mahasiswa ekonomi-2
Hanya dengan bermodalkan koran bekas saja Ranny dapat menjadi pebisnis. Walaupun masih terbilang bisnis rumahan, namun tetap saja berpenghasilan besar setiap bulannya.

Tertarik untuk mengikuti ide Ranny, dengan menyulap sampah koran menjadi uang? Atau kamu memiliki ide lain dengan menggunakan bahan koran? Silakan berkomentar.

This post has already been read 1546 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>