Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Sistem Pembayaran

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal tersebut bisa terjadi karena adanya pembaruan teknologi dan perlindungan untuk para nasabah. Ada 3 wujud yang diperbarui oleh BI pada sistemnya, yaitu :

  • Bank Indonesia Real-Time Gross Settlement (BI-RTGS),
  • Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS),
  • Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP) Generasi II.

Selain Sistem Pembayaran dari segi kualitas teknologi serta jaringan komunikasinya, Bank Indonesia juga meningkatkan perlindungan untuk nasabah dengan adanya maksimal proses transfer. Lalu, BI mewajibkan Bank untuk memproses dana nasabah tersebut paling lama 1 jam sesudah bank yang menerima mendapatkan dana dari BI-RTGS.

Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Sistem Pembayaran generasi II ini bisa member kesempatan untuk melakukan likuiditas dan manajemen prioritas transaksi lebih baik lagi bagi Bank. Selain itu juga, informasi soal pasar uang bisa diperoleh dengan lebih baik yang tentunya dengan begitu akomodasinya pun akan lebih baik.

Berikut ketentuan-ketentuan BI yang dikeluarkan untuk mendukung implementasi sistem Generasi II tersebut :

12208464_873901415992094_8668119120068683163_n

Sumber Gambar : https://www.facebook.com/Bank-Indonesia-847034142012155/

Dengan adanya Sistem Pembayaran Generasi II ini tentunya sangat diharapkan bahwa kebutuhan perkembangan pasar keuangan Negara Indonesia kita tercinta ini dapat terpenuhi, stabilitas sistem keuangan dapat terjaga dan yang tentunya sistem pembayaran nasional bisa berlangsung dengan lancer serta aman.

This post has already been read 489 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>