Pengertian Ekonomi Kreatif

Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan sebuah istilah baru di dunia ekonomi di era modern ini yang menggabungkan antara ide kreatifitas serta ilmu pengetahuan yang menjadi tolak ukur pertama dalam perkembangan ekonomi. Kemunculan istilah ekonomi kreatif disebabkan oleh perubahan pola pikir ekonomi era modern ini yang dulunya berbasis sumber daya alam beralih ke sumber daya manusia. Perubahan pola pikir ekonomi di era modern ini disebabkan oleh sumber daya alam yang pastinya akan punah dan melihat bahwa sumber daya manusia tidak akan punah dan akan terus berkembang.

ekonomi kreatif
gambar: layarsukses.com

Ekonomi Kreatif Mengubah Pola Pikir Kita

Istilah Ekonomi kreatif mulai dikenal sejak tahun 2001 dari paparan John Kowkins dalam bukunya yang berjudul “The Creative Economy: How People Make Money from Ideas”. Dalam bukunya tersebut Howkins menyebutkan bahwa perkonomian global mengalami perubahan dan akhirnya memunculkan beberapa produk yang didaftarkan sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hak Kekayaan Intelektual (HKI) inilah yang sekarang dikenal dengan nama hak paten. Mendengar hak paten kita pasti sering mendengar berita yang mengulas hal tersebut. Kebanyakan berita itu merupakan berita sengkata hak paten dari sebuah produk yang digunakan oleh orang lain di produknya. Masalah hak paten itu sering kita dengar di berita teknologi antara produk satu dengan produk lainnya.

Konsep ekonomi kreatif mampu menjadi primadona baru karena pada kenyataannya konsep tersebut mampu memberikan peningkatan kontribusinya dalam perkembangan ekonomi pada suatu negara. Indonesia sebagai negara berkembang juga menerapkan konsep ekonomi kreatif dengan tujuan untuk meningkatkan dunia industri tanah air. Khususnya untuk industri kecil menengah atau biasa dikenal dengan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bisa bersaing dengan berbagai produk dari luar negeri yang membanjiri tanah air. Setelah melakukan pemantauan selama 4 tahun dari tahun 2006 sampai tahun 2010 ditemukan bahwa konsep ekonomi kreatif sangat berperan dalam meningkatkan kreativitas para pekerja UKM untuk menghasilkan produk yang bisa diterima oleh konsumen di seluruh negara namun masih memiliki ciri khas khusus dari negara Indonesia. Hingga sekarang konsep ekonomi kreatif terus dipertahankan untuk lebih meningkatkan kreativitas produksi UKM dalam negeri yang bisa meningkatkan kesejahteraan negara.

This post has already been read 2638 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>