Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial merupakan penerapan dari teori ekonomi dan juga perangkat untuk menganalisis ilmu keputusan guna membahas cara sebuah organisasi mencapai tujuan yang sudah dibuat dengan cara paling efektif. Namun dalam aplikasinya ekonomi manajerial tidak bisa berdiri sendiri dan memerlukan ilmu yang lainnya. Ekonomi Manajerial berkaitan erat dengan ilmu admistrasi yang mencakup keuangan, akuntansi, pemasaran dan manajemen SDM (sumber daya manusia) serta tidak lupa produksi.

Memahami Ilmu Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial memiliki keterkaitan dengan beberapa ilmu terapan lainnya. Yang pertama ekonomi manajerial berkaitan dengan teori ekonomi. Sebuah organisasi bisa menyelesaikan masalahnya ketika bisa mengaplikasikan teori ekonomi yang dipadu dengan ilmu keputusan. Dari ilmu ekonomi itu para pengampu kebijakan organisasi dapat mempelajari beberapa aspek seperti investasi, pendapatan, konsumsi, pekerjaan, harga barang secara total yang dilihat dari berbagai aspek.

ekonomi manajerial
diambil dari: rimanews.com

Di samping itu ekonomi manajerial juga berhubungan erat dengan ilmu keputusan. Di dalam ilmu keputusan terdapat ilmu matematika ekonomi dan ilmu statistik. Kedua ilmu tersebut yang akan menganalisa suatu perilaku konsumen yang akan menghasilkan sebuah keputusan organisasi. Ilmu matematika ekonomi akan membuat bentuk persamaan dari model ekonomi yang ada di teori ekonomi. Sedangkan ilmu statistik atau Ekonometri menerapkan ilmu statistik untuk menghitung model ekonomi yang akan digunakan sebagai media peramal.

Membaca keterangan di atas, ekonomi manajerial memadukan antara ilmu administrasi bisnis, ilmu pengambilan keputusan serta teori ekonomi. Ketiga aspek tersebut bertemu dan melakukan interaksi satu dengan yang lainnya yang akan membantu perusahaan mencapai tujuan dengan metode yang paling efektif dan cepat.

Untuk mempelajari apa itu ekonomi manajerail tidaklah sulit. Apalagi di era modern yang menyediakan kemudahan belajar. Salah satu kemudahan yang dapat dipakai untuk belajar ekonomi manajerial ialah internet. Kita bisa mendapatkan beberapa informasi mengenai ekonomi manajerial meliputi ekonomi mikro seperti sektor industri dan perusahaan. Ada juga informasi mengenai ekonomi mikro seperti pengangguran, pertumbuhan bisnis serta inflasi yang sedang terjadi sekarang. Melalui internet biasanya sebuah perusahaan melakukan penjualan produknya. Dari situ kita bisa belajar ekonomi manajerial dari beberapa data yang di tampilkan di website mereka.

This post has already been read 1257 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>