Pentingnya Manajemen Keuangan Modal Kerja

Dalam dunia usaha, pengetahuan tentang manajemen keuangan modal kerja mutlak untuk dikuasai. Tanpa adanya pengetahuan salah satu ilmu manajemen tersebut, pembukuan keuangan akan terlihat kacau. Pelaporan sirkulasi keuangan akan kacau dan jika terjadi seperti itu, bisnis yang sedang dirintis tidak akan bisa dievaluasi setiap bulannya. Maka dari itu agar bisa mempermudah pelaporan keuntungan perusahaan ataupun bisnis yang sedang dijalani, ilmu di atas harus dikuasai dengan baik dan benar.

Manajemen Keuangan Modal Kerja – Aspek Penting Perkembangan Bisnis

Manajemen keuangan modal kerja yang dikolela dengan baik, menjadi modal awal membangun bisnis lebih maju kembali. Ada banyak sekali manfaat kenapa salah satu ilmu manajemen di dunia bisnis ini penting. Yang pertama masalah aktiva perusahaan berjalan lancar dengan jumlah aktiva yang lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah aktiva seluruhnya. Manajemen itu juga penting bagi perusahaan kecil, agar modal yang dipinjamkan oleh bank dapat terbayar dengan lancar setiap bulannya. Dan yang terakhir adanya dampak langsung aktiva lancar dengan pertumbuhan penjualan dan kebutuhan dana dalam sebuah produksi barang.

Selain memiliki manfaat penting dalam pertumbuhan bisnis, pemilik bisnis disarankan untuk mengangkat petugas yang mengatur sistem keuangan dengan baik. Tidak perlu sarjana untuk menjadi pegawai, cukup dengan skill yang mumpuni yang dibuktikan dengan masa uji coba selama 6 bulan atau lebih. Setelah dirasa teruji baik, maka calon pegawai tersebut bisa diangkat menjadi pegawai tetap ataupun kontrak. Kedua hal itu baik orang yang menangani dan juga ilmu yang mumpuni tidak hanya dalam hal teori tapi dibuktikan dengan praktek, akan membuat masalah keuangan perusahaan akan terkontrol dengan baik.

Laporan mengenai rugi, laba dan resiko penjualan ke depan akan terpaparkan dengan jelas dan mudah dimengerti. Kolaborasi apik dari kedua hal itu akan melahirkan sistem keuangan yang produktif dalam usaha bisnis yang sedang dirintis. Jadi tidak akan ada masalah yang menghinggapi perusahaan mengenai sirkulasi keuangannya. Itulah pentingnya manajemen keuangan modal kerja yang bisa membedakan mana laporan laba, rugi dan juga tanggungan yang harus dibayar oleh perusahaan.

This post has already been read 1070 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>