Perhitungan Pajak Jual Beli Rumah

pajak jual beli rumah

Dalam membeli atau menjual rumah, salah satu yang harus menjadi perhatian adalah pajak jual beli rumah tersebut. Khususnya dalam membeli rumah, biaya untuk pajak jual beli rumah adalah salah satu biaya wajib yang perlu disiapkan selain uang pembeliannya. Uang yang harus disiapkan selain untuk pajak jual beli rumah ini besarnya 5 – 10% dari harga pembelian. Biaya ini nantinya dipakai untuk pajak jual beli rumah dan juga biaya kebutuhan penting mengenai pembelian rumah yang anda beli tersebut.

Bagi penjual, pajak ini juga berlaku. Nama untuk pajak jual beli rumah bagi penjual rumah ini adalah pajak penghasilan atau PPh untuk uang dari pembayaran harga rumah yang telah ia terima. Sementara untuk kita yang membelinya, pajak rumah dijual ini dinamakan dengan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan atau BPHTB untuk rumah sebagai bangunan yang telah kita beli tersebut.

Sebetulnya, BPHTB ini tidak hanya dikenakan sebagai pajak jual beli rumah bagi kita pembeli bangunan saja. Namun, bagi mereka yang melakukan tukar-menukar, mendapat hibah, waris, pemasukan tanah atau bangunan ke dalam perseroan serta bentuk serah terima tanah bangunan atau lainnya, juga dikenakan BPHTB ini.

pajak jual beli rumah 1

BPHTB merupakan Nilai Perolehan Objek Pajak (NPOP). Dimana dalam jual beli tanah atau bangunan, NPOP ini berupa harga transaksi. NPOP ini berbeda dengan mereka yang melakukan tukar menukar, hibah, waris, maupun pemasukan tanah atau bangunan ke dalam perseroan. NPOP mereka bukanlah harga transaksi melainkan nilai pasar, dan bukan disebut NPOP melainkan NJOP, yaitu Nilai Jual Objek Pajak.

Nilai Perolehan Objek Pajak bisa sama nilainya dengan Nilai Jual Objek Pajak. Namun Nilai Perolehan Objek Pajak juga bisa saja lebih besar atau lebih kecil nilainya dari Nilai Jual Objek Pajak. Penentuan harga yaitu apabila nilai transaksi lebih kecil dari pada NJOP maka dasar penentu NPOP adalah NJOP. Sedangkan, ketika nilai transaksi lebih besar dari NJOP maka penentuan NPOP berdasarkan dari harga transaksi tersebut dimana yang diambil merupakan nilai paling tinggi di antara NPOP dan NJOP tersebut.

This post has already been read 859 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>