Persiapan Berbisnis: Konsep Hingga 4P

Di era serba canggih ini banyak sekali online shop yang menjual berbagai macam jenis pakaian, sepatu, asesoris, makanan bahkan hingga film-film bajakan dapat dengan mudahnya ditemukan di sosial media. Tinggal pesan, transfer dan kirim. Jika dilihat dari kelebihannya, cara yang praktis ini membuat para penjual dan pembeli merasa diuntungkan. Pembeli tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga dan waktu untuk mencari barang yang diinginkan dan penjual tidak perlu lagi membayar sewa toko, hanya bermodalkan internet saja keduanya dapat melakukan transaksi. Namun tentu, online shop pun memiliki kekurangan di dalamnya.

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis pakaian, persiapan berbisnis merupakan salah satu hal yang tidak boleh disepelekan dalam dunia bisnis, karena hal ini dapat menjadi boomerang bagi usaha yang hendak dibangun. Bisnis pakaian dapat dimulai dengan online shop terlebih dulu jika modal yang dimiliki belum besar, namun jika usaha yang dibangun terus berkembang dan memutuskan untuk membangung distro, terdapat beberapa persiapan berbisnis yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan.

Konsep

Dengan mempersiapkan sebuah konsep, artinya distro yang hendak dibangun memiliki karakteristik dan aliran yang membedakan distro Anda dengan distro-distro lainnya yang sudah ada. Konsep ini mencakup desain, tempat hingga pasar termasuk konsep yang mengikuti mode dan permintaan pasar.

Persiapan Berbisnis: Konsep Hingga 4P

Produk, Price, Place, Promotion (4P)

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam persiapan berbisnis distro adalah mengenai produk. Anda harus mengetahui produk seperti apa yang akan ditawarkan kepada konsumen, baik dari jenis maupun kualitas dari produk yang dijual. Jangan pernah mencampur adukan produk bermerk dengan yang biasa saja dalam distro, karena hal ini dapat mempengaruhi image dari distro Anda. Setelah mengetahui produk apa yang akan dijual, tahap selanjutnya adalah dalam menentukan harga (price). Harga yang ditawarkan pun tidak boleh sembarangan, Anda harus melihat kualitas produk terlebih dahulu sebelum menentukan harga agar sesuai.

Setelah kedua persiapan berbisnis tersebut dilakukan, tahap selanjutnya adalah dalam menentukan tempat penjualan. Tempat dari distro pun harus disesuaikan dengan harga yang sudah Anda tentukan tadi, jika harga produk cukup tinggi maka tidak tepat rasanya jika distro Anda tempatkan di kawasan menengah ke bawah. Dan terakhir adalah promosi. Setelah ketiga tahap sudah dilakukan, Anda pun dapat mengetahui cara berpromosi seperti apa yang dapat dilakukan. Sebuah promosi pun harus disesuaikan dengan segmentasi dari produk Anda.      

This post has already been read 906 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>