Pilih Uang Kertas Atau Transaksi Non Tunai?

Layanan Non Tunai

Tingkat kejahatan di Jakarta itu bisa bikin waswas memang. Yang perampokan lah yang penodongan lah. Ada adaaaa aja. Para aparat pun sudah tanpa lelah memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu waspada mengurangi peluang terjadinya kejahatan. Paling sering sih, jangan terlalu banyak memakai perhiasan berharga dan jangan membawa uang dengan jumlah besar sekaligus.

Tapi gimana dong kalau misalnya kita mau beli atau sedang dalam rangka menyelesaikan transaksi?

Nah, hal ini nih yang lagi digalakkan oleh pemerintah! Katanya nih, pemerintah ingin supaya masyarakat di Indonesia nggak tergantung sama uang kertas dan berpindah ke bentuk transaksi non tunai. Masuk akal sih karena transaksi non tunai cenderung lebih praktis dan aman. Misalnya nih, anda belanja di mall. Terus pas bayar, bandingkan lebih cepat mana antara yang bayar tunai sama yang tinggal gesek kartu? Jelas yang gesek kartu dong! (pengecualian kalau koneksi mall-nya jelek ya)

Layanan Non Tunai

Sumber Gambar : https://www.facebook.com/Bank-Indonesia-847034142012155/?fref=ts

Pihak-pihak yang punya wewenang juga udah tak kurang-kurang memfasilitasi-nya lho! Misalnya saja, Bank Indonesia. Ada banyak program layanan yang mereka dukung agar orang Indonesia semakin beralih ke bentuk transaksi non tunai. Contoh programnya ya e-ticketing untuk commuter line Jabodetabek, e-parkir di tepi jalan, e-payment untuk retribusi PKL sampai ke pembayaran zakat, waqaf dan shadaqah.

Jadi, bukan hanya transaksi jual beli saja yang nantinya bisa dialihkan ke transaksi non tunai, tapi juga pembayaran sedekah dan kawan-kawannya juga bisa dilakukan lewat transaksi non tunai. Praktis ya? Tak perlu lagi mengunjungi kantor pusat badan amal atau menunggu kotak amal hadir di depan mata.

Sumber : http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/BI-Fokus-pada-Tiga-Hal-Untuk-Kembangkan-Transaksi-Nontunai-Syariah.aspx

This post has already been read 645 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>