Rahasia Sukses Amacio Ortega dan Zara

Pebisnis handal yang satu ini, Amacio Ortega adalah otak dibalik suksesnya merk terkenal didunia, Zara. Buktinya? Majalah Forbes melansir kekayaannya mencapai 57 milliar dolar AS atau sekitar Rp. 553 triliun! Wow! Udah gak bisa tuh kalo diitungnya pake kalkulator. :D Apa saja rahasia suksesnya?

amacio ortega, zara

Kualitas ditoko dan catwalk sama

Banyak cara dalam meraih kepercayaan pembeli. Pintarnya Amacio Ortega yaitu memikirkan hal yang seringkali terlewatkan oleh pebisnis baru. Kalau calon pembeli setelah melihat fashion show dan mengetahui produk yang dibeli gak sebagus yang dilhat di catwalk, well, gak akan ada loyal customer.

Konsep “fast fashion

Zara mengkondisikan konsumen jadi mengikuti tren mode terbaru melalui konsep “fast fashion” (mode yang berganti dengan sangat cepat). Otomatis, konsumen akan menjadi konsumtif.

Kalau tidak laku dalam 2 minggu, akan ditarik dari peredaran

Lagi-lagi, Amacio Ortega sangat jeli dalam membaca pasar. Dalam mensukseskan strategi pemasarannya, kalau selama 2 minggu produk tersebut tidak laku maka akan ditarik dari peredaran. Hal ini juga memotivasi kreativitas desainer dalam mendesain pakaian.

Tidak harus pakai model iklan

Gak harus pake model iklan, toh para artis yang memakainya sudah mengiklankan produk Zara secara tidak langsung. Dipakai oleh selebriti dunia, gratis pula!

Kalau dari Indonesia, ada tips sukses Bob Sadino.

This post has already been read 1527 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>