Tips Melunasi Hutang agar Hidup Tenang

Hidup gak tenang lagi kalau punya tumpukan hutang! Logika sederhananya, hutang ya harus dibayar, tapi bagaimana tips dalam melunasi hutang? Apakah ada cara tertentu yang ampuh? Ok, let’s start!

tips melunasi hutang, tips bebas dari hutang

No credit card!

Bisa gak kira-kira kalau gak pakai kartu kredit? Awalnya memang menggiurkan sampai akhirnya datanglah itu tagihan. Tips agar bebas dari hutang yang pertama banget adalah gak usah pake kartu kredit.

Manakah yang prioritas?

Tips penting lainnya agar terbebas dari hutang adalah dengan memprioritaskan antara pengeluaran yang wajib dibayar dengan pengeluaran tambahan. Pengeluaran wajib biasanya bayar listrik, biaya sekolah, belanja bulanan untuk keperluan rumah dan lainnya. Tips ini membantu kamu terbebas dari hutang karena kalau ternyata tidak ada biaya tambahan maka gak perlu pinjam sana-sini, jadi gak ada hutang.

Dahulukan melunasi hutang yang berbunga tinggi

Tips untuk membantu kamu melunasi hutang adalah dengan melunasi hutang yang bunganya tinggi terlebih dahulu. Suku bunga yang tinggi justru mengakibatkan kamu semakin berputar dilingkaran hutang.

Makin besar cicilan, makin cepat lunas

Sebenarnya sederhana kok untuk mengetes apakah tips melunasi hutang yang sedang kamu baca ini ampuh atau gak. Kalau bayar cicilannya makin besar otomatis hutang cepat lunas. Ya resikonya harus tahan-tahanin selama beberapa bulan gak belanja ini itu meski harganya gak terlalu mahal.

Setelah hutang lunas, mulailah menabung tidak dengan menggunakan uang tapi menabung emas, berani coba?

Sumber dunia bisnis

This post has already been read 1158 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>