Tips Mencari Mitra Usaha yang Baik

Berbisnis dengan teman atau keluarga bisa jadi terasa menyenangkan. Nantinya Anda akan berdiskusi dengan orang yang sudah biasa Anda temui. Tapi, sekalipun dengan keluarga atau kerabat Anda tetap harus memperhatikan karakternya.

Jangan sampai bisnis berantakan karena kita tidak mengenal secara baik orang yang menjadi mitra usaha kita. Jangan pula Anda merasa tidak enak hati untuk menegur mitra usaha karena ia seorang sahabat atau keluarga Anda. Anda memiliki hak dan kebebasan hidup untuk mencari tahu bagaimana karakter mitra usaha yang Anda temui.

3 Tips Mencari Mitra Usaha

1. Latar belakang calon mitra usaha

Anda harus mengenal calon mitra usaha dengan baik. Tidak sekedar tahu nama dan alamatnya saja. Cari tahu pengalaman berbisnis yang pernah dijalankannya, latar belakang keluarganya, kesuksesan dan kegagalan yang pernah dialami selama berbisnis dan apakah ia pernah terlibat kasus penipuan atau piutang. Ini harus diketahui secara pasti tentang keseluruhan latar belakang mitra usaha Anda.

2. Keahlian dan kemampuannya

Misalkan banyak bidang yang pernah dikerjakan, banyak posisi yang pernah dijabat selama bekerja di kantor orang tapi tetap saja Anda harus mengetahui mana yang menjadi keahlian utamanya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah mengetahui keahlian dan kemampuan mitra usaha Anda adalah memperhatikan hal berikut ini :

- Daya juang

Ketika kita berbisnis dengan mitra usaha baru kita harus tahu kegigihannya. Bila dilihat calon mitra usaha Anda itu pasif, kurang inisiatif, memberi masukan sering salah, tidak berani mencoba, tidak mandiri, menandakan daya juangnya rendah. Sulit untuk dipertahankan memiliki urusan dengan orang yang seperti ini.

- Koordinasi

Ini adalah hal penting untuk memulai bisnis dengan mitra usaha yang baru. Koordinasi internal atau eksternal harusnya bisa dilakukan dengan baik. Sekalipun pekerjaan padat, mitra Anda ini harus bisa mengkoordinasikan apa yang sedang direncanakannya.

3. Anggaran Dasar Perusahaan

Anggaran dasar perusahaan atau biasa dikenal aturan main yang ditetapkan. Aturan main ini harus dibuat, dimengerti, disepakati dan tidak diingkari dalam berbisnis. Jika Anda dan mitra usaha bisa menjalankan dengan baik mungkin tidak akan terjadi perselisihan.

Selain itu agar tidak berat sepihak, penting untuk melakukan saling pantau. Bila ditemukan ada kesalahan atau kecurangan segeralah bersikap tegas. Rasakan kebebasan finansial dengan menjalani bisnis yang Anda suka. Rasakan juga kebebasan hidup melalui game DBS Smart Money. Game ini bisa melatih kemampuan berbisnis dan investasi Anda. Bisa dilakukan dengan mudah, cukup download DBS Smart Money di smartphone Anda.

This post has already been read 3880 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>