Tips Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa kadang kita memilih kampus yang berbeda kota dengan tempat tinggal kita. Demi menyelesaikan studi akhirnya kita berangkat ke kota menjadi perantau dan tinggal terpisah dengan orangtua.

Dua bulan pertama adalah masa transisi dan akan terasa berat, karena tinggal sendiri berarti kita bertanggung jawab untuk mengatur seluruh aspek kehidupan kita secara mandiri. Seperti mengatur waktu, mengatur pola makan hingga mengatur keuangan.

Kebanyakan orang agak sulit untuk mengatur keuangan, akhirnya uang kiriman orangtua hanya cukup untuk 2 minggu pertama dan selanjutnya minta kiriman tambahan atau terpaksa mendadak jadi super irit. Bagi kamu yang pernah mengalami ini pasti akan punya kenangan tersendiri setiap mengingat momen tersebut. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa perantau yang jauh dari orangtua.

Tips Penting untuk MengaturKeuanganMahasiswa

1. Jangan boros diawal. Memang susah menahan keinginan setiap saldo di rekening bertambah. Meski begitu gunakanlah uang seperlunya.

2. Dahulukan bayar sewa rumah dan iuran bulanan lainnya supaya hidup kamu tenang dan terbebas hutang.Sisauangbisakamubelanjakandanatursebaikmungkin.

3. Tahanlah keinginan untuk membeli barang-barang yang sekiranya tidak terlalu diperlukan. Biaya tak terduga bisa muncul kapan saja dan bisa merusak cara kamu untuk mengatur keuangan pribadimu.

4. Buatlah rencana keuangan atau anggaranyang matang karena ini akan mempermudah dalam mengatur keuangan pribadi.

5. Hindari berhutang. Kadang mungkin kita terpaksa memutuskan untuk berhutang ketika merasa tidak bisa mengatur keuangan. Sebaiknya hindari berhutang apalagi ‘gali lobang tutup lobang’, membayar hutang dengan berhutang ke orang lain lagi karena tumpukan hutang hanya akan menjadi bola salju yang semakin lama semakin besar jumlahnya.

6. Cobalah lakukan investasi. Langkah terakhir untuk mengatur keuangan pribadi dan berjaga-jaga dari biaya tak terduga adalah dengan mencoba lakukan investasi. Hal ini sangat dianjurkan dalam mengatur keuangan, tapi tentunya kamu juga harus mengerti peluang investasi yang bagus dan cocok untuk kamu yang seperti apa.

Yang paling penting sebagai mahasiswa perantau adalah tidak boros diawal bulan. Menahan diri di awal justru akan memberikan kamu kebebasan hidup hingga akhir bulan. Keuangan kamu tidak morat-marit dan kamu bisa terbebas dari hutang.

This post has already been read 915 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>