Usaha Sampingan Mahasiswa – dari Hobi atau bakat

Ada banyak sekali ide usaha sampingan mahasiswa yang bisa ditekuni. Menjadi seorang pengusaha ketika masih berstatus mahasiswa merupakan sebuah kebanggan tersendiri. Tidak hanya mahasiswa sebenarnya, siswa sekolahpun bisa menjadi seorang pengusaha.

Tidak peduli jenis kelamin maupun usia, asal memiliki mental baja dalam menghadapi cobaan pasti bisa menjadi seorang pengusaha. Bisa menghasilkan uang ketika yang lain masih meminta orang tua akan terasa keren bukan? Sukses di usia muda bukan lagi menjadi impian tapi sudah menjadi kenyataan.

Apa Usaha Sampingan Mahasiswa yang Cocok?

Ketika memilih usaha sampingan mahasiswa yang akan ditekuni, biasanya menjadi dilema tersendiri. Masalah kegagalan yang sering menghantui menjadi kendala utama. Buang jauh-jauh rasa takut itu. Terus melangkah maju dengan segenggam keyakinan untuk meraih impian sebagai pengusaha muda. Semua berawal dari mimpi bukan hanya menjadi slogan bisnis MLM tapi untuk semuanya. Untuk memilih jenis yang akan ditekuni nantinya tidaklah sesulit ujian pendadaran skripsi. Karena menjadi pengusaha bukan dilihat dari ijazah tapi dari mental baja yang dimiliki.

Usaha Sampingan Mahasiswa 1

Membuka Usaha dari Hobi atau Bakat

Usaha sampingan mahasiswa bisa didapatkan dari hobi ataupun bakat yang dimiliki. Beberapa orang mungkin bertanya apakah bakat dan pengetahuan tentang hobi yang tidak terlalu dalam apakah bisa dijadikan sebuah usaha? Tidak ada yang mustahil di dunia ini, jadi semuanya pasti bisa. Masalah keahlian yang belum semuanya dikuasai, masih ada waktu untuk belajar bukan?

Ketika menekuni usaha tersebutpun kita bisa mendalaminya. Seiring berjalannya waktu usaha sampingan akan dihiasi oleh cobaan dan rintangan, bakat kita lambat laun akan terasah dengan sendirinya. Learning by doing, belajar sambil melakukannya bisa kita terapkan. Jangan takut dengan kesalahan karena dari situlah kita akan mengingat ilmu baru itu. Kalau hanya dari teori saja, biasanya mudah terlupakan. Berbeda ketika ilmu itu dipraktekkan secara langsung, akan membekas lama. Kita bisa mengambil contoh seperti bakat berdagang, bisa berdagang dengan barang yang digemari. Ataupun berbagai barang souvenir yang bisa kita buat, bisa dijadikan sebagai peluang usaha sampingan mahasiswa.

This post has already been read 1769 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>