Wisata Syariah Penuh Barokah? Apaan Tuh?

Wisata Syariah

Kalau dengar kata wisata, pasti identik dengan seneng-seneng, foya-foya, liat pemandangan, makan ini-itu… pokoknya having fun! Tapi tahukah anda-anda sekalian ini kalau sejatinya Indonesia punya potensi yang buesar sekali untuk mengembangkan wisata yang penuh dengan barokah. Kok bisa begitu? Diselipin syariah dong!

Balik lagi ke fakta lawas nih: Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Indonesia punya segudang potensi pengembangan segala hal yang berbau syariah dan pariwisata bukan pengecualian. Esensi wisata syariah ada di usaha menyingkirkan segala hal yang dapat membahayakan bagi manusia dan mendekatkan manusia kepada hal yang akan membawa manfaat bagi dirinya maupun lingkungan. Hal ini menarik banyak peminat di dunia, tidak terbatas pada umat muslim saja tapi lebih kepada ke semua orang. Minat terhadap wisata syariah ini harus direspons dengan pengembangan usaha wisata syariah di Indonesia, sehingga dapat turut menggerakkan perekonomian nasional.

Wisata Syariah

Sumber Gambar : https://www.facebook.com/Bank-Indonesia-847034142012155/?fref=ts

Nah, pemerintah kayaknya lagi gencar mau menggalakkan wisata syariah ini di Indonesia. Tidak heran karena manfaat yang didapat cukup banyak. Bank Indonesia sendiri sampai menyelenggarakan seminar bertema “Potensi Wisata Berbasis Syariah di Indonesia” pada hari ini, Kamis, 29 Oktober 2015 di Surabaya. Harapannya sih melalui seminar ini, para pelaku usaha wisata bisa mendapat wawasan yang memadai sehingga dapat turut ikut ambil bagian dalam percepatan pengembangan pariwisata berbasis syariah di Indonesia.

Sampai sekarang, sudah ada 13 provinsi yang dinyatakan siap menjadi destinasi wisata syariah: Nusa Tenggara Barat (NTB), Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Bali.

Kira-kira kapan 21 provinsi yang lain dinyatakan siap ya?

Sumber : http://www.bi.go.id/id/ruang-media/info-terbaru/Pages/Indonesia-Kembangkan-Potensi-Pariwisata-Syariah-ISEF2015.aspx

This post has already been read 578 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>