Budaya Shopping Online di Indonesia

online shopping

Dengan adanya media online, seseorang dengan mudah mencari informasi atau melihat hal-hal yang baru yang sedang orang-orang bicarakan. Internet menjadi gaya hidup baru sekarang ini. sebagai remaja yang kekinian, mereka dituntut untuk selalu kelihatan keren ketika berada di lingkungan sekitar. Hal ini dipengaruhi oleh media massa, baik itu media elektronik, media cetak, bahkan media online. Ibarat, ada suatu iklan dengan tema remaja, di dalam iklan tersebut bukan cerita saja yang mereka tonton, tapi mereka juga melihat cara pemeran iklan dalam berpakaian, berdandan dan gaya hidup lainnya.

Shopping dijadikan sebagai sebuah kebutuhan oleh masyarakat. Dimana hal-hal yang mereka anggap sebagai suatu kebutuhan sebenarnya bukan merupakan kebutuhan mereka yang sebenarnya. Kaum kapitalis yang bermain di dalam area ini menciptakan suatu kebutuhan yang baru. Pasar menciptakan barang yang disukai konsumen, membuat iklan atau promosi semenarik mungkin, sehingga kesan yang diterima adalah produk yang ditawarkan itu layak dijadikan sebagai salah satu barang yang wajib dimiliki.

Hal ini dipermudah dengan adanya online shop atau toko online yang keberadaannya menjalar dimana-mana. Mulai dari yang berlisensi dan resmi sampai dengan yang indie alias akun dunia maya biasa namun melayani jual beli. Jenis kedua ini biasanya tidak memiliki outlet online khusus, mereka memilih untuk numpang di social media yang sudah ada. Kamu bisa bebas shopping dan memesan apa saja yang kamu mau dan kamu tinggal menunggu barang tersebut diantar ke tempatmu.

Sayangnya, online-online shop yang numpang di socmed ini seringkali dioperasikan oleh oknum-oknum yang rasa tanggung jawabnya kurang. Sudah banyak kasus dimana uang pre-order dibawa lari, tidak ada kejelasan kapan barang datang dan banyak lagi. Bukan berarti toko online yang sudah berlisensi pun tak melakukan hal ini.

Bukannya menakut-nakuti, tapi ada baiknya jika sebelum membeli barang online lebih baik lakukan riset dulu secara mendalam tentang merchant-nya. Cobalah untuk mencari testimoni akurat dan disarankan untuk membeli barang murah terlebih dahulu dari merchant tersebut. Tanyalah secara mendetail dan minta bukti-bukti transaksi yang diperlukan dari pihak merchant seperti resi barang dan foto barang asli.

Selamat shopping online!

(Disadur dari: kompasiana. com karya dari Ahmad Muhammad Fakhrudin)

This post has already been read 530 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>