Cara Mudah Menyusun Karya Ilmiah Bahasa Inggris

Karya Ilmiah

Penulisan Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris secara umum dikenal dengan penulisan Essay, di sini akan dibahas beberapa panduan awal bagi kamu yang ingin menyusun karya ilmiah dalam Bahasa Inggris. Hal ini juga bisa menjadi langkah awal kamu untuk menyusun outline  sebelum benar-benar membuat sebuah karya ilmiah.

Lalu apa yang dimaksud dengan outline itu sendiri? Outline adalah kalimat inti atau garis besar dari penulisan yang ada pada setiap bab, sub-bab dan juga paragraph di dalam sebuah karya ilmiah. Untuk penyusunan outline ini, kamu harus menyesuaikan dengan kriteria Karya Ilmiah yang ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Biasanya pihak penyelenggara memiliki kriteria masing-masing yang berbeda dalam penulisan Karya Ilmiah agar peserta yang sedang menyusunnya tidak menyimpang dari apa yang sudah ditentukan dalam penulisannya. Namun secara umum berikut adalah rangkuman standar yang biasa ada dalam penulisan karya ilmiah dalam Bahasa Inggris :

Mengapa Karya Ilmiah Harus Bermanfaat?

Introduction

Introductionatau dalam Bahasa Indonesia dikatakan sebagai pengenalan atau pendahuluan yang didalamnya kamu menjelaskan tentang mengapa kamu memilih bahasan tersebut, sudut pandang yang jadi faktor pendukung kamu dalam memilih bahasan serta manfaat dan tujuan dari pembahasan dalam tulisan karya ilmiah kamu.

Sebagai gambaran awal, kamu bisa turut menyertakan sebuah data statistik yang dilengkapi dengan penjelasan singkat namun tidak bertele-tele.

Body Of Essay

Di bagian ini adalah tempat kamu menjelaskan semua dasar analisa sampai analisa kamu di bahas, kamu juga harus memasukkan teori pendukung untuk memberikan gambaran yang lebih dalam dari bahasan kamu.

Tidak perlu begitu banyak teori di dalamnya, kamu cukup menyertakan beberapa saja yang memang mewakili dengan baik apa yang menjadi bahasan kamu. Kemudian setelahnya kamu harus lampirkan juga beberapa data dan fakta sebagai penunjuk kondisi objek dari bahasan kamu. Akhiri dan kaitkan analisa sederhana yang berkaitan dengan objek bahasan kamu dengan teori yang kamu paparkan secara singkat di awal bab.

Yang paling penting adalah sampaikan pendekatan serta pandangan pribadi kamu mengenai pokok bahasan, disinilah kamu secara tidak langsung menyampaikan kualitas diri kamu dalam menulis Karya Ilmiah kamu tersebut.

Aplikasi Android Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Conclusion

Conclusion yang berarti kesimpulan ini sangat jelas artinya bahwa disini kamu harus membahas tentang makna dari apa yang kamu jelaskan pada bagian sebelumnya. Sertakan pendapat kamu disini, karena dengan begitu akan terlihat seberapa banyak intensitas kamu dalam bahasan yang kamu pilih tersebut.

Itu dia kurang lebih yang harus sangat kamu perhatikan dalam penyusunan Karya Ilmiah dalam Bahasa Inggris. Buatlah tulisan kamu sesingkat dan sejelas mungkin dengan menggunakan tata Bahasa serta grammar yang baik dan sistematis. Karena dengan begitu tulisan kamu akan lebih mudah dipahami dan apa yang menjadi poin bahasan kamu menjadi lebih mudah untuk tersampaikan dan dimengerti.

Karya Ilmiah

This post has already been read 592 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>