Hubungan Ekonomi Indonesia dan Uni Eropa

Ekonomi Indonesia

Kondisi ekonomi Indonesia yang terus bertumbuh namun tidak bisa dipungkiri juga kegiatan korupsi justru mencemarinya. Pada tahun 2013 atau 2014 ini sepertinya Indonesia akan menjalin hubungan kerjasama untuk perdagangan bebas komprehensip (CEPA) dengan Uni Eropa. Seperti diketahui bahwa kerjasama antara Indonesia dalam perdagangan dengan negara Uni Eropa sudah terjalin cukup lama sebelumnya. Tahun 2009 dalam forum EIBD memperlihatkan telah dibantunya perbaikan iklim untuk melakukan bisnis antara Indonesia dan Uni Eropa. Telah difasilitasinya peraturan sektoral memungkinkan akses pasar bagi kedua belah pihak. Seperti, akses pasar bagi kayu ramah lingkungan dari Indonesia ke pasar-pasar Uni Eropa. Hubungan bilateral antara keduanya sebagai bentuk hubungan yang saling melengkapi. Ekonomi Indonesia dapat memanfaatkannya sebagai solusi. Ekonomi Indonesia membutuhkan investasi Uni Eropa, sedangkan Eropa sendiri butuh negara berkembang sebagai pasarnya. Jadi, ini bisa menjadi mitra yang sempurna. Saling melengkapinya ekonomi Indonesia dan ekonomi Uni Eropa ini mampu memberi solusi bagi ekonomi Indonesia dengan sistem ekonomi yang sudah berjalan di UniĀ  Eropa maka Indonesia perlu menciptakan iklim investasi yang lebih.

Ekonomi Indonesia dan Uni Eropa Melengkapi dan Menguntungkan

Nilai perdagangan yang dikejar dalam hubungan ekonomi Indonesia dan Uni Eropa melalui perdagangan bebas komprehensif (CEPA) ini adalah Rp. 454 triliun. Sedangkan untuk nilai yang sebelumnya telah dicapai pada tahun 2012 melalui kerjasama dan hubungan perdagangan adalah EUR 25 miliar. Menurut Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi tentang hubungan kerjasama dalam perdagangan bebas komprehensif ini, pemerintah tidak akan menutup kemungkinan untuk menerima tawaran ini. Menurutnya, pasar bebas ini nanti sangat menguntungkan bagi ekonomi Indonesia. Selain kita bisa mempromosikan produk kita kepada pasar di negara Uni Eropa sana, kita juga bisa belajar bagaimana cara mengolah dan menyimpannya dengan memanfaatkan teknologi pengolahan penyimpanan dari Eropa. Selain itu yang bisa dicontoh nantinya dalah ketahanan pangan dari Eropa.

Yang perlu diketahui juga, adalah Uni Eropa ini merupakan pasar ekspor terbesar kedua bagi Indonesia dan kedua juga untuk investor terbesar di Indonesia. Jadi, dipastikan hubungan perdagangan bebas komprehensif ini akan jadi situasi yang menguntungkan terutama untuk ekonomi Indonesia.

This post has already been read 1129 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>