Manajemen Keuangan Modal Kerja

Manajemen keuangan merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan dalam membangun sebuah bisnis. Tanpa adanya pengaturan sirkulasi keuangan yang jelas dan rapi, jangan harap bisnis bisa berjalan dengan jelas. Tidak bisa dipungkiri dalam dunia bisnis ada uang yang harus diputar agar produksi barang ataupun jasa bisa berjalan dengan baik. Ada uang modal kerja yang diputar dan akhirnya menghasilkan keuntungan. Keuntungan diambil untuk menggaji para karyawan dan modal kerja digunakan untuk menutupinya.

Manajemen Keuangan 1

Manajemen Keuangan Modal Kerja – Kunci Sukses Berbisnis

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau dalam memulai usaha pasti ada modal yang digunakan. Modal kerja yang digunakan bisa datang dari kantong sendiri ataupun ponjaman dari pihak bank. Manajemen keuangan modal kerja menjadi kunci utama agar uang yang dihasilkan tidak semuanya masuk sebagai keuntungan. Ada beberapa bagian yang digunakan untuk mengembalikan modal. Apalagi jika modal itu merupakan dan pinjaman, tak pelak setiap bulan perusahaan harus melunasinya. Akan ada catatan jelas berapa modal yang dikeluarkan dan sisanya menjadi keuntungan perusahaan. Dengan manajemen yang baik, perusahaan akan terus berputar untuk memproduksi. Pernah mendengar bahwa dalam berbisnis kita tidak boleh mengambil keuntungan di depan. Kalau hal itu dilakukan bukan mustahil jika perusahaan tidak bisa lagi berproduksi karena uang modal habis tak tersisa.

Dalam menangani manajemen keuangan modal kerja dan lain-lainnya, perusahaan bisa mengangkat pegawai yang berkompeten di bidang tersebut. Bagian manajemen merupakan bagian vital dalam perusahaan jadi haruslah diambil dari orang-orang khusus. Dari tangan mereka, kita bisa mendapatkan laporan yang jelas sehingga kesehatan perusahaan dari bulan ke bulan akan bisa dipantau. Sering kali kita mendengar ada perusahaan kolaps karena kondisi keuangan yang bermasalah. Selain karena faktor produksi, bagian manajemen bisa saja menjadi titik masalah. Mereka tidak bisa mengatur dengan baik atau bahkan lebih parah melakukan penggelapan dana yang membuat perusahaan rugi. Satu dua bulan tidak akan terasa, tapi kalau terus menerus terjadi, bisa menjadi boomerang bagi pemilik perusahaan. Itulah alasan mengapa manajemen keuangan modal kerja harus dikuasai dengan baik sebagai upaya memperlancar kinerja perusahaan.

This post has already been read 918 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>