Pengertian Sistem Ekonomi Beserta Jenis-jenisnya

Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi adalah sebuah sistem yang sebenarnya secara garis besar di terapkan di setiap sektor yang sedang melakukan kegiatan ekonomi yang tentunya memiliki tujuan untuk meraih sesuatu.

Beda negara, berbeda pula Sistem Ekonomi yang di anutnya, karena hal ini banyak dipengaruhi oleh faktor sifat serta jati diri bangsa, ideologi bangsa dan juga struktur ekonominya. Hal-hal tersebut tentunya menjadi pengaruh besar dalam membentuk suatu sistem perekonomian.

Sistem Ekonomi yang dapat di bedakan menjadi 3 jenis sistem perekonomian yaitu :

Sistem Ekonomi Pasar (Kapitalis / Riberalis)

Pengertian sistem ini secara garis besar adalah bahwa sistem ini di atur oleh kekuatan permintaan dan penawaran pasar. Sistem ini banyak terdapat di negara-negara pada kawasan Amerika Serikat dan Eropa yang memang dalam sistemnya memberikan kebebasan bagi para pelaku ekonomi untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang di inginkan.

Sistem Ekonomi Perencanaan (Sosialis / Etatisme)

Sistem perekonomian perencanaan ini adalah sistem ekonomi yang seutuhnya di atur oleh negara yang tentunya ini menjadi tanggung jawab penuh negara atau pemerintah pusat. Negara-negara yang menganut sistem ekonomi ini adalah negara-negara komunis seperti Kuba, Rusia, Korea Utara dan lainnya.

Sistem Ekonomi Campuran

Sudah dapat kita lihat dari namanya, bahwa sistem perekonomian ini menganut 2 sistem yang merupakan gabungan dari sistem ekonomi Pasar dan sistem ekonomi Perencanaan. Pada sistem ini pihak swasta diberikan kebebasan untuk memilih sendiri kegiatan ekonomi yang ingin dijalani, namun Pemerintah tetap melakukan pengawasan serta pengendalian dalam perekonomian.

Demikian pengertian Sistem Ekonomi secara garis besarnya yang dapat Mahasiswaekonomi.com sampaikan. Semoga pengetahuan ini menjadi manfaat bagi kita semua.

Sistem Ekonomi

This post has already been read 678 times!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>