Pentingnya Mengetahui Info Pajak Pribadi

Info Pajak

Info pajak merupakan salah satu info yang harus kita ketahui bersama. Kenapa mengetahui info pajak itu penting bagi kita? Tentunya kita masih ingat bukan slogan “orang bijak bayar pajak?”. Ya, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus taat membayar pajak penghasilan pribadi. Dengan membayar pajak kita telah membantu negara dalam memajukan berbagai fasilitas public yang kembali dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan memahami info pajak juga akan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia yang masih kurang begitu paham pentingnya membayar pajak kepada negara. Jika mengetahui info pajak, maka tidak ada lagi masyarakat yang berburuk sangka bahwa uang pajak yang mereka setorkan digunakan untuk para pejabatnya. Uang pajak dari masyarakat itu akan kembali kepada masyarakat dengan bentuk yang berbeda seperti perbaikan jalan serta insfrastuktur lainnya yang akan membuat negara lebih tertata rapi.

Info Pajak Sebagai Bahan Informasi Pajak

Info pajak yang sangat diperlukan oleh masyarakat luas adalah info pajak yang berkaitan dengan pajak kekayaan pribadi. Karena bersifat pribadi, banyak dari kita yang meremehkan atau malah tidak mengetahui info pajak pribadi tersebut. Hal itu biasanya akan memberikan dampak buruk bagi diri kita sendiri. Salah satu instrument yang dibutuhkan dalam memenuhi pajak pribadi adalah kartu Nomor Pokok Wajib Pajak atau disingkat dengan NPWP. Kartu NPWP adalah kartu yang digunakan sebagai tanda pengenal bahwa kita sudah mendaftarkan diri sebagai warga yang taat pajak.

Setelah memiliki NPWP maka kita diharuskan mengisi SPT tahunan yang biasanya harus dilaporkan setiap bulan April di tahun berjalan. SPT tahunan tersebut berisikan tentang beberapa data diri yang meliputi identitas, pekerjaan, jumlah kekayaan, jumlah hutang dan beberapa isian lainnya. Namun biasanya masyarakat akan sedikit bingung karena SPT tahuan memiliki 3 jenis. Jika kita salah memilih formulir SPT tahunan selain untuk pribadi tentunya pajak yang harus kita bayarkan akan sangat besar. Jadi sebelum mengambil formulir dan mengisinya di kantor pajak terdekat, alangkah lebih baiknya kita mengetahui lebih dulu mengenai info pajak yang terbaru sehingga akan membuat kita tidak salah pemahaman.

This post has already been read 1550 times!

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>